%A NIM. 14410141 NUR ZIADATUL HASANAH %O Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A., %T PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS XI MELALUI KEGIATAN KURIKULER PAI DI SMKN 1 BANTUL %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa karakter generasi muda saat ini yang semakin memprihatinkan disebabkan kurang tertanamnya jiwa agama pada diri mereka. Sedangkan pendidikan agama di sekolah seringkali hanya berupa penyampaian materi tanpa adanya pembiasaan beragama dan kurangnya kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah, maka sangat penting menyelenggarakan pendidikan agama Islam secara terintegrasi dalam tiga kegiatan utama pendidikan, yaitu kegiatan intrakurikuler PAI, kokurikuler PAI, dan ekstrakurikuler PAI. SMK Negeri 1 Bantul memiliki visi yaitu terwujudnya sekolah berkualitas, berkarakter, dan berwawasan lingkungan. Sesuai dengan visinya SMK Negeri 1 Bantul menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan sebagai pendukung pembelajaran inti di kelas dan sebagai bentuk perhatian sekolah terhadap tingkat religiusitas peserta didik. Dari alasan di atas, peneliti tertarik meneliti pembentukan karakter religius peserta didik kelas XI melalui kegiatan kurikuler PAI di SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat tiga kegiatan kurikuler PAI yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bantul, yaitu intrakurikuler PAI, kegiatan kokurikuler PAI berupa tugas-tugas mata pelajaran PAI dan kegiatan penguatan karakter, dan kegiatan ekstrakurikuler PAI yang terdiri dari Iqro’, Qiroah, Hadroh, Simaan Al-Quran, peringatan hari besar Islam, pesantren kilat, wisata religi, dan pengajian Ahad Legi. 2) Proses pembentukan karakter religius peserta didik kelas XI melalui kegiatan kurikuler PAI di SMK Negeri 1 Bantul terdiri dari tiga tahapan yaitu: (a) moral knowing: pemberian pengetahuan tentang nilai-nilai religius, (b) moral feeling: penguatan aspek emosi peserta didik melalui berbagai cara, dan (c) moral doing: praktik nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari melalui pembiasaan. 3) Hasil pembentukan karakter religius peserta didik kelas XI melalui kegiatan kurikuler PAI tercermin dalam: perilaku peserta didik menjalankan ajaran agama Islam, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleransi terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan akhlak atau perilaku peserta didik. 4) Faktor pendukung pembentukan karakter religius di SMK Negeri 1 Bantul berupa, teladan guru, pembiasaan karakter religius di sekolah, serta sarana dan prasarana yang memadai . Sedangkan faktor penghambat berupa watak negatif peserta didik, minat yang rendah, strategi pembelajaran guru, dan kegiatan yang monoton. %K Pembentukan Karakter Religius, Peserta Didik, Kegiatan Kurikuler PAI. %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib34305