@phdthesis{digilib34335, month = {April}, title = {PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI DARUL HUDA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11480032 FITRI NURJANNAH}, year = {2018}, note = {Luluk Mauluah, M. Si. M.Pd.,}, keywords = {Persepsi, kompetensi pedagogik, motivasi belajar, dan prestasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34335/}, abstract = {Matematika sebagai salah satu pelajaran yang dianggap paling sulit oleh siswa. Proses pembelajaran matematika di MI Darul Huda selama ini masih kurang bervariasi dan kreatif. Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab. Guru hanya menjelaskan suatu konsep materi berikut soal contoh kemudian siswa diberi latihan dan mengerjakan. Pembelajaran yang seperti ini merupakan pembelajaran konvensional, sehingga siswa kurang termotivasi dan mengakibatkan prestasi belajarnya rendah. Berdasarkan nilai ketuntasan pada pelajaran matematika masih banyak siswa di MI Darul Huda yang belum tuntas KKM, yaitu hampir 50\%. Berangkat dari latar belakang masalah itulah penulis mengadakan penelitian. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru matematika terhadap motivasi belajar siswa dan terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Darul Huda. Penelitian merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI Darul Huda yang berjumlah 18 siswa diantaranya 9 laki-laki dan 9 perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April 2017. Teknik mengumpulkan data, yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuatitatif dengan regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru matematika terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Darul Huda dengan hasil analisis regresi = t hitung ttabel, (6.765 1.746) dan nilainya positif, artinya arah hubungannya positif. Dilihat dari korelasinya menunjukkan hubungan yang kuat, yaitu sebesar 0,741 atau sebesar 74,1\%. sedangkan sisanya sebesar 25,9\% dipengaruhi oleh faktor lain, 2) Terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Darul Huda yang ditunjukkan dengan hasil analisis regresi = t hitung ttabel, (4.507 1.746) dan nilainya positif. Hasil korelasinya menunjukkan hubungan yang sedang, yaitu sebesar 0,559 atau sebesar 55,9\%. sedangkan sisanya sebesar 44,1\% dipengaruhi oleh faktor lain.} }