TY  - THES
N1  - Sigit Prasetyo, M.Pd.Si,
ID  - digilib34346
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34346/
A1  - NAHAR KHOIRUN NISSA, NIM.  13480001
Y1  - 2018/05/18/
N2  - Tujuan dalam penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui: 1)
Apakah terdapat perbedaan peningkatan rata-rata keterampilan proses IPA pada
kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan kelas
kontrol yang menggunakan metode pembelajaran observasi dan diskusi terhadap
keterampilan proses IPA pada materi konduktor isolator kelas VI SDN
Kaligondang. 2) Apakah terdapat perbedaan pada kelas eksperimen yang
menggunakan metode pembelajaran eksperimen dengan kelas kontrol yang
metode pembelajaran observasi dan diskusi terhadap keterampilan proses IPA
pada materi konduktor isolator kelas VI SDN Kaligondang. Penelitian
menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Jumlah populasi
pada penelitian yang dilakukan adalah seluruh kelas VI SDN Kaligondang yang
berjumlah 46 siswa yang terdiri dari kelas VIA 23 siswa dan kelas VIB 23 Siswa.
Sampel penelitian terdiri dari kelas VIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIA
sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik random class
sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, pedoman
dan lembar observasi, dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data
menggunakan Mann Whitney (non-parametrik) untuk hasil observasi setelah
perlakuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan peningkatan
rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran
eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran
observasi dan diskusi yaitu rata-rata kelas eksperimen 8,91 dan kelas kontrol 6,92.
Hipotesis dalam penelitian yang dilakukan dibuktikan dengan melakukan uji beda
mann-whitney dengan nilai Asymp.Sig.(2-tailed)  0.05 yaitu Asymp.Sig.(2-tailed)
0,00  0,05 sehingga terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kelas eksperimen
dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan kelas kontrol dengan
menggunakan metode pembelajaran observasi dan diskusi. 2) Terdapat perbedaan
pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan
kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran observasi dan diskusi
dibuktikan dengan mencari rata-rata gain score untuk rata-rata gain score kelas
eksperimen sebesar 31.76 dan kelas kontrol 15.24 selisih nilai gain score sebesar
16,52. Untuk membuktikan terdapat perbedaan atau tidak dibuktikan dengan
melakukan uji efektivitas yaitu dengan uji mann-whitney pada gain score dengan
hasil Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0.00  0.05, sehingga terdapat perbedaan pada
kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan kelas
kontrol yang menggunakan metode pembelajaran observasi dan diskusi
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Metode Eksperimen
KW  -  Keterampilan Proses IPA
KW  -  Eksperimen Semu.
M1  - skripsi
TI  - EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN
PROSES IPA PADA MATERI KONDUKTOR ISOLATOR KELAS VI
SDN KALIGONDANG
AV  - restricted
EP  - 213
ER  -