relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34355/ title: HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN MIND MAP TONY BUZAN TERHADAP DAYA RETENSI PESERA DIDIK KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN creator: LAILI ROBINGATUN, NIM. 13480101 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Laili Robingatun, Hubungan Antara Metode Pembelajaran Mind Map Tony Buzan Terhadap Daya Retensi Peserta Didik Kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana metode pembelajaran mind map Tony Buzan peserta didik kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan, 2) daya retensi peserta didik kelas IV 3) hubungan antara metode pembelajaran mind map Tony Buzan terhadap daya retensi peserta didik kelas IV. Metode Pembelajaran Mind Map Tony Buzan menciptakan sebuah pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, membuat peserta didik dapat mencari dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan sehingga dapat menumbuhkan daya ingat peserta didik di kelas dengan cara membuat mind map. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Bertujuan untuk mencari korelasi atau hubungan antar variabel. Teknik yang digunakan yaitu Rubrik Penilaian, Tes, Wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara metode pembelajaran mind map Tony Buzan terhadap daya retensi, adapun hasil penelitian ini menjawab dari tujuan penelitian diantaranya: (1) hasil mind map peserta didik yang masuk dalam kategori baik 4 peserta didik (18,2%), cukup 12 peserta didik (54,5%), dan kurang 6 peserta didik (27,2%). Sehingga rata-rata hasil mind map yakni kategori cukup dengan jumlah 12 peserta didik (54,5%); (2) hasil daya retensi yang masuk dalam kategori baik 4 peserta didik (18,2%), cukup 12 peserta didik (68,3%), dan kurang 3 peserta didik (13,5%). Sehingga rata-rata hasil daya retensi yakni kategori cukup dengan jumlah 15 peserta didik sebanyak (68,3%); (3) metode pembelajaran mind map Tony Buzan berhubungan terhadap daya retensi dibuktikan dengan r hitung r tabel, hasil korelasi product moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,455 0,423 yang artinya hubungan antara metode pembelajaran mind map Tony Buzan, berdasarkan tabel interpertasi nilai r maka nilai 0,455 masuk kategori cukup. date: 2018-06-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34355/1/13480101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34355/2/13480101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: LAILI ROBINGATUN, NIM. 13480101 (2018) HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN MIND MAP TONY BUZAN TERHADAP DAYA RETENSI PESERA DIDIK KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.