%0 Thesis %9 Skripsi %A UMMUN MAYESTY, NIM. 13480117 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:34356 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Numbered Heads Together, Sikap Tanggung Jawab, Pembelajaran Tematik %P 157 %T EFEKTIVITAS METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV MI AL-ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34356/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap tanggung jawab siswa dalam belajar kelompok. Melihat realita di lapangan terkait rendahnya sikap tanggung jawab siswa, metode numbered heads together (NHT) bisa dijadikan solusi karena cocok untuk memastikan akuntabilitas individu dalam diskusi kelompok dan bertujuan memberi kesempatan siswa untuk saling berbagi gagasan, mempertimbangkan jawaban yang paling tepat, serta meningkatkan semangat kerja siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) perbedaan nilai rata-rata sikap tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik yang menggunakan metode numbered heads together dengan metode konvensional 2) mengetahui keefektifan metode numbered heads together dibanding metode konvensional pada pembelajaran tematik terhadap sikap tanggung jawab siswa. Desain Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian berjumlah 60 dan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel yaitu siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan lembar observasi. Analisis yang digunakan berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa normalitas dan homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik nonparametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan analisis uji mann whitney u n-gain, diperoleh nilai signifikansi 0,003 (0,0030,05) yang berarti hipotesis diterima. Artinya, adanya perbedaan sikap tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik yang menggunakan metode numbered heads together dengan metode konvensional pada taraf kepercayaan 5%. 2) Sumbangsih efektivitas metode numbered heads together pada pembelajaran tematik terhadap sikap tangung jawab siswa adalah 1,95. Perhitungan sumbangsih efektivitas didapatkan dengan menggunakan rumus n-gain. %Z Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.,