%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD NUR RIZAL, NIM. 14410196 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:34368 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Gaya Mengajar, Motivasi Belajar %P 160 %T HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU PAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34368/ %X Latar belakang penelitian ini, sering kali motivasi belajar dipandang sebagai faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam segala aspek termasuk mata pelajaran. Setiap siswa tentu memiliki motivasi yang berbeda-beda. Banyak hal yang mempengaruhi siswa menjadi termotivasi ketika berada di sekolah khususnya ketika mengikuti proses pembelajaran di kelas. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah peran guru dalam mengajar, membimbing dan mengkoordinasi serta memimpin siswa ketika berada di dalam kelas. Semua hal itu tertuang menjadi sebuah karkter, style berupa gaya mengajar seorang guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan berlokasi di SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui seberapa tingkat gaya mengajar guru PAI Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan, serta untuk mengetahui apakah ada hubungan antara gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa. Sample / responden penelitian ini adalah sebagian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan yang berjumlah 100 orang dari total populasi siswa muslim sebanyak 197 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analasis data meliputi analisis statistik deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Profil guru secara keseluruhan memiliki gaya mengajar demokratis 2) Gaya mengajar guru PAI berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 36 -39 dengan presentase 48%. 3) Motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 63 – 68 dengan presentase 44%. 4) Terdapat hubungan yang positf dan signifikan antara gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan ditandai oleh koefisien korelasi rxy = 0.494 dengan p = 0.000. %Z Dr. Eva Latipah, M. Si.