@phdthesis{digilib34369,
           month = {July},
           title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA
TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA
KELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.  14480009 SIWI AMINAH PANGESTU},
            year = {2018},
            note = {Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.,},
        keywords = {Alat Peraga Manipulatif Kue Donat, Soal Cerita,
Kemampuan Berhitung Matematika},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34369/},
        abstract = {Peserta didik kelas I SD Muhammadiyah Bodon mengalami kesulitan pada
fokus pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
dalam bentuk soal cerita. Sehingga diberi alat peraga dalam pembelajaran. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara nilai rata-rata kelas
eksperimen dan kelas pembanding serta untuk mengetahui keefektifan
penggunaan alat peraga dalam soal cerita terhadap kemampuan berhitung
matematika. Alat peraga yang digunakan pada fokus pembelajaran matematika
penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dalam soal cerita ini menggunakan
alat peraga manipulatif kue donat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi
Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik (kelas IA) dan 28 peserta
didik (kelas IB). Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes uraian. Analisis data yang digunakan
berupa statistik parametrik yaitu uji-t independent (independent samples t-test)
dan uji efektivitas menggunakan gain ternormalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas
eksperimen yang menggunakan alat peraga dalam soal cerita dan nilai rata-rata
kelas pembanding yang tidak menggunakan alat peraga dalam soal cerita, hal ini
ditunjukkan dari hasil perhitungan uji-t (independent samples t-test) yang
menyatakan nilai thitung  ttabel (8,369  2,005) pada taraf signifikansi 5\% ({\ensuremath{\alpha}} =
0,05) dengan nilai P-value sebesar 0,000  0,05 yang artinya Ha diterima dan H0
ditolak. Penggunaan alat peraga dalam soal cerita efektif terhadap kemampuan
berhitung matematika peserta didik kelas I SD Muhammadiyah Bodon.
Keefektifan tersebut dapat dilihat dari (1) perhitungan uji gain ternormalisasi yang
artinya ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen yang
ditunjukkan oleh rata-rata normalisasi gain sebesar 0,55 yang diinterpretasikan
dalam kategori sedang, (2) hasil belajar peserta didik yang memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM) yaitu 74 sebanyak 92,86\%, pada kelas pembanding
sebanyak 25\% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).}
}