relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34369/ title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON creator: SIWI AMINAH PANGESTU, NIM. 14480009 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Peserta didik kelas I SD Muhammadiyah Bodon mengalami kesulitan pada fokus pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dalam bentuk soal cerita. Sehingga diberi alat peraga dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas pembanding serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan alat peraga dalam soal cerita terhadap kemampuan berhitung matematika. Alat peraga yang digunakan pada fokus pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dalam soal cerita ini menggunakan alat peraga manipulatif kue donat. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik (kelas IA) dan 28 peserta didik (kelas IB). Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes uraian. Analisis data yang digunakan berupa statistik parametrik yaitu uji-t independent (independent samples t-test) dan uji efektivitas menggunakan gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan alat peraga dalam soal cerita dan nilai rata-rata kelas pembanding yang tidak menggunakan alat peraga dalam soal cerita, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji-t (independent samples t-test) yang menyatakan nilai thitung ttabel (8,369 2,005) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan nilai P-value sebesar 0,000 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Penggunaan alat peraga dalam soal cerita efektif terhadap kemampuan berhitung matematika peserta didik kelas I SD Muhammadiyah Bodon. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari (1) perhitungan uji gain ternormalisasi yang artinya ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen yang ditunjukkan oleh rata-rata normalisasi gain sebesar 0,55 yang diinterpretasikan dalam kategori sedang, (2) hasil belajar peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 74 sebanyak 92,86%, pada kelas pembanding sebanyak 25% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). date: 2018-07-11 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34369/1/14480009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34369/2/14480009_BAB-II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: SIWI AMINAH PANGESTU, NIM. 14480009 (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.