<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON"^^ . "Peserta didik kelas I SD Muhammadiyah Bodon mengalami kesulitan pada\r\nfokus pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah\r\ndalam bentuk soal cerita. Sehingga diberi alat peraga dalam pembelajaran. Tujuan\r\npenelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara nilai rata-rata kelas\r\neksperimen dan kelas pembanding serta untuk mengetahui keefektifan\r\npenggunaan alat peraga dalam soal cerita terhadap kemampuan berhitung\r\nmatematika. Alat peraga yang digunakan pada fokus pembelajaran matematika\r\npenjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dalam soal cerita ini menggunakan\r\nalat peraga manipulatif kue donat.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi\r\nExperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.\r\nSampel dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik (kelas IA) dan 28 peserta\r\ndidik (kelas IB). Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan\r\nwawancara, observasi, dokumentasi, dan tes uraian. Analisis data yang digunakan\r\nberupa statistik parametrik yaitu uji-t independent (independent samples t-test)\r\ndan uji efektivitas menggunakan gain ternormalisasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas\r\neksperimen yang menggunakan alat peraga dalam soal cerita dan nilai rata-rata\r\nkelas pembanding yang tidak menggunakan alat peraga dalam soal cerita, hal ini\r\nditunjukkan dari hasil perhitungan uji-t (independent samples t-test) yang\r\nmenyatakan nilai thitung ttabel (8,369 2,005) pada taraf signifikansi 5% (α =\r\n0,05) dengan nilai P-value sebesar 0,000 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0\r\nditolak. Penggunaan alat peraga dalam soal cerita efektif terhadap kemampuan\r\nberhitung matematika peserta didik kelas I SD Muhammadiyah Bodon.\r\nKeefektifan tersebut dapat dilihat dari (1) perhitungan uji gain ternormalisasi yang\r\nartinya ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen yang\r\nditunjukkan oleh rata-rata normalisasi gain sebesar 0,55 yang diinterpretasikan\r\ndalam kategori sedang, (2) hasil belajar peserta didik yang memenuhi kriteria\r\nketuntasan minimal (KKM) yaitu 74 sebanyak 92,86%, pada kelas pembanding\r\nsebanyak 25% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM)."^^ . "2018-07-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 14480009"^^ . "SIWI AMINAH PANGESTU"^^ . "NIM. 14480009 SIWI AMINAH PANGESTU"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Text)"^^ . . . . . "14480009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA\r\nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #34369 \n\nEFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA \nTERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA \nKELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .