%0 Thesis %9 Skripsi %A AMANNASRULLAH AMIN, NIM. 14480012 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:34370 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kompetensi Sosial, Interaksi Edukatif, Sekolah Dasar Islam Terpadu, Kelas Atas %P 67 %T HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN INTERAKSI EDUKATIF DALAM PERSPEKTIF PESERTA DIDIK KELAS ATAS SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34370/ %X Guru sebagai pendidik dituntut memiliki kompetensi sosial. Oleh karena itu, guru harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik, orang tua, tetangga dan teman seprofesi. Sementara itu, interaksi edukatif meniscayakan kemampuan komunikasi yang baik dari guru dengan peserta didik. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang mengkaji secara langsung tentang hubungan kompetensi sosial guru dengan interaksi edukatif dalam perspektif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Seberapa tinggi kompetensi sosial guru SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul (2) Seberapa kuat interaksi edukatif peserta didik SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul (3) Hubungan kompetensi sosial guru dengan interaksi edukatif peserta didik SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi korelasi. Populasinya adalah seluruh kelas atas dan wali kelas SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh, artinya seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data utama menggunakan angket atau kuesioner yang terlebih dahulu divalidasi oleh ahli, lalu pengumpulan data sekundernya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data angket dihitung menggunakan statistik parametrik untuk memperoleh data yang diinginkan, lalu dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov. Setelah dilakukan uji prasyarat analisis dilakukan pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta mayoritas pada kategori cukup/sedang. Dan hasil pengukuran interaksi edukatif peserta didik kelas atas di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta mayoritas pada kategori cukup/sedang. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kompetensi sosial guru terhadap interaksi edukatif peserta didik. Dengan menggunakan teknik pengujian korelasi product moment yang dibantu dengan program perhitungan SPSS 22,00,diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,777. Ini artinya hubungan antara kompetensi sosial guru terhadap interaksi edukatif peserta didik dikatakan kuat. %Z Dr. Andi Prastowo M.Pd.I,