%0 Thesis
%9 Skripsi
%A MUNGANATUL KHOERIYAH, NIM.  14480052
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2018
%F digilib:34390
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Pola pembelajaran agama SD, sikap inklusif, peserta didik.
%P 207
%T MENUMBUHKAN SIKAP INKLUSIF PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN AGAMA PADA KELAS ATAS  DI SD N CEBONGAN
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34390/
%X Meruncingnya hubungan antar umat beragama ditandai dengan banyaknya praktik kekerasan yang mengatas-namakan agama, radikalisme, dan terorisme yang akhir-akhir ini semakin marak di tanah air. Seharusnya agama menjadi pendorong bagi umat menusia untuk menegakkan perdamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat. Namun, realitanya agama menjadi salah satu penyebab kekerasan dan kehancuran umat manusia. Sehingga diperlukan upaya preventif agar masalah ini tidak terulang kembali, salah satunya yakni pada bidang pendidikan. Di SD N Cebongan merupakan sekolah yang terdiri dari berbagai latar belakang agama yang mayoritas beragama Islam, sehingga diperlukan suatu pembelajaran agama yang dapat menumbuhkan sikap inklusif beragama pada peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengungkapkan pola pembelajaran agama yang menumbuhkan sikap inklusif pada kelas atas SD N Cebongan, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan sikap inklusif siswa kelas atas SD N Cebongan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah Purposif Sampling. Subjek penelitian ini adalah guru agama (Islam, Kristen dan Katolik), guru kelas IVA dan VA, beberapa siswa dan guru TU. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah tri angulasi teknik dan sumber.  Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) SD N Cebongan menerapkan pola pembelajaran agama menuju Beyond the wall. Pola pembelajaran tersebut diketahui mampu dalam menumbuhkan berbagai sikap inklusif peserta didik kelas atas yaitu a) sikap terbuka, b) sikap komunikasi positif, c) sikap penerimaan, dan d) sikap saling bekerja sama. 2) Adapun faktor pendukung dalam menumbuhkan sikap inklusif peserta didik kelas atas di SD N Cebongan adalah a) kegiatan rutin di sekolah, b) peran serta orang tua sebagai pendidik di rumah, c) sarana dan prasarana yang lengkap, dan d) karakteristik religius meliputi Verbalis, Ritualis dan Imitatif. Dan faktor penghambat dalam menumbuhkan sikap inklusif peserta didik kelas atas di SD N Cebongan adalah perkawinn beda agama, dan prasarana sekolah kurang teratur.
%Z Dr. Andi Prastowo, M.Pd. I