relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34391/ title: KOLABORASI GURU KELAS DAN GURU TAHFIDZ DALAM MENUMBUHKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS ATAS PENGHAFAL AL-QUR’AN DI SD IT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK creator: NURIN HIDAYATI, NIM. 14480059 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Perkembangan zaman menuntut para guru untuk lebih memperhatikan peserta didik pada perkembangannya, terutama menanamkan Konsep diri positif pada peserta didik. Dewasa ini banyak Sekolah Dasar yang membuat program unggulan yaitu program tahfidz al-Qur’an, tentunya hal tersebut juga harus memperhatikan perilaku peserta didik, untuk itu perlu adanya Kolaborasi antara guru kelas dan guru tahfidz untuk memudahkan pada pengupayaan menumbuhkan konsep diri peserta didik. Penelitian ini untuk mengungkap ada tidaknya kolaborasi guru kelas dan guru tahfidz dalam menumbuhkan konsep diri peserta didik kelas atas penghafal al-Qur’an di SD IT BAIK, 1) bagaimana bentuk kolaborasi yang dilakukan, 2) jenis kolaborasi yang dilakukan oleh kedua pihak guru, dan 3) faktor pendukung dan penghambat dalam kolaborasi guru kelas dan guru tahfidz dalam menumbuhkan konsep diri peserta didik penghafal al-Qur’an. Pada realitanya kinerja guru tersebut membutuhkan kolaborasi untuk saling berbagi informasi dan merencanakan programprogram yang mendukung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang disebut penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, guru tahfidz, kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik penghafal al-Qur’an. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini yaitu bentuk, jenis dan faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan kolaborasi guru kelas dan guru tahfidz dalam menumbuhkan konsep diri peserta didik penghafal al-Qur’an di SD IT Bina Anak Islam Krapyak. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yaitu data yang sudah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab umusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) usaha yang dilakukan oleh kedua pihak guru tersebut dalam menumbuhkan konsep diri peserta didik kelas atas penghafal al-Qur’an yaitu usaha formal dan informal, 2) jenis kolaborasi yang digunakan yaitu kolaborasi sekunder, dan 3) Faktor pendukung yaitu adanya kerja sama yang baik dengan bentuk adanya program penunjang, dan pembiasaan perilaku baik dan faktor penghambat pelaksanaan kerja sama tidak ada permasalahan yang serius dalam pelaksanaan kolaborasi. date: 2018-08-16 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34391/1/14480059_BAB%20I%2C%20V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34391/2/14480059_BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: NURIN HIDAYATI, NIM. 14480059 (2018) KOLABORASI GURU KELAS DAN GURU TAHFIDZ DALAM MENUMBUHKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS ATAS PENGHAFAL AL-QUR’AN DI SD IT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.