%0 Thesis %9 Skripsi %A MUSRIN, NIM. 14416014 %B FAKULTUAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:34395 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K penilaian sikap, pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. %P 123 %T PELAKSANAAN PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SEKOLAH DASAR NEGERI MOYUDAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34395/ %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa penilaian sikap adalah bagian penilaian kompetensi peserta didik yang komprehansif dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013. Dalam kenyataanya penilaian sikap ini belum dilaksanakan secara intensif sebagaimana penilaian pengetahuan dan keterampilan. Ada penilaian sikap yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Moyudan. Yang menjadi masalah permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana perencanaan penilaian sikap di Sekolah Dasar Negeri Moyudan, bagaimana pelaksanaan penilaian sikap di Sekolah Dasar Negeri Moyudan, bagaimana tindak lanjut penilaian sikap di Sekolah Dasar Negeri Moyudan, dan apa problemantika penilaian sikap di Sekolah Dasar Negeri Moyudan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Sekolah Dasar Negeri Moyudan. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan mengadakan wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan penilaian sikap di Sekolah Dasar Negeri Moyudan dengan tiga langkah kegiatan. Pertama, perencanaan penilaian sikap dengan kegiatan menelaah kurikulum untuk menentukan tipe hasil belajar; menentukan teknik penilaian sikap, yaitu dengan teknik pengamatan guru; dan merumuskan instrumen penilaian sikap dengan menuangkan dalam rubrik penilaian guru. Kedua, pelaksanaan penilaian sikap dengan kegiatan pengumpulan data, melakukan verifikasi data, mengolah dan menganalisis data, dan memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan. Ketiga, tindak lanjut penilaian sikap dengan memberikan nasehat, penghargaan, dan membuat pelaporan kepada guru kelas %Z Dr. Sukiman,S.Ag., M.Pd