@mastersthesis{digilib34408, month = {January}, title = {HEWAN DAN TUMBUH-TUMBUHAN DALAM AL-AM{\.S}A{\ensuremath{<}}L AL-?ARABIYYAH (Kajian Ekologi Sastra)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 16201010013 Nia Hailiyati}, year = {2019}, note = {Dr. H. Sukamta, MA.}, keywords = {al-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}l al-?Arabiyyah, hewan dan tumbuh-tumbuhan, kearifan lokal}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34408/}, abstract = {Penelitian ini berjudul ?Hewan dan Tumbuh-tumbuhandalam al-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}l al- ?Arabiyyah(Kajian Ekologi Sastra)?bertujuan mengelaborasi ekologi dalamkarya sastra al-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}l al-?Arabiyyah. Al-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}l merupakan tradisi sastra lisan bangsa Arab baik berupa ungkapan singkat yang berfungsiuntuk memuji, mengejek, menghina, menegurdanmemberi nasehat. Penggunaan al-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}lmemiliki tujuan untuk menyampaikan pesan secara tidak langsung kepada seseorang yang dituju.adapun representasi hewan dan tumbuhan dalam menunjukkan keterkaitan antara alam dan manusia.Penulis mengemukakan duapertanyaan: (1)bagaiman representasi alam dalamal-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}l al-?Arabiyyah dan(2) bagaimana kearifan lokal dalam al-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}l al-?Arabiyyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan ekologi sastra. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikanal-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}ldengan komprehensif sementara pendekatan ekologis untuk mengaitkan hubungan antara alam dan budaya. Adapun objek penelitian ini adalah hewan dan tumbuhtumbuhan pada al-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}l al-?Arabiyyahdalam kamus ?Munjid? karya Louis MA?luf dan Mu?jam al-Am{\.s}a{\ensuremath{>}}lkarya Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) al-am{\.s}a{\ensuremath{>}}l al-?Arabiyyah merepresentasikan interaksi lingkungan dengan masyarakat Arab. Interaksi tersebut terlihat dari masifnya penggunaan hewan dan tumbuhan dalam al-am{\.s}a{\ensuremath{>}}l. Berdasarkan pembacaan ekologi, terdapat tiga kategori, yaitu hewan ternak: kuda, unta serta keledai; hewan buas: singa, anjing dan serigala; serta kategori tumbuhan: kurma dan pohon.(2) Adapun berdasarkan pemaknaan tersebut, terdapat tiga hal.Pertama, kearifan lokal representasi hewan ternak dalam al-am{\.s}a{\ensuremath{>}}lseperti unta, kuda dan keledai menghasilkan refleksi kehidupan masyarakat Arab sebagai kearifan lokal, yaitu sebagai peternak dan pengembala. Kedua, representasi hewan buas dalam al-am{\.s}a{\ensuremath{>}}lseperti singa, anjing dan serigala menghasilkan kehidupan kearifan orang Arab dengan cerminan sikap berani, tegas serta bertanggungjawab. Ketiga, representasi kearifan tumbuhan dalam alam{\.s}a{\ensuremath{>}} lseperti kurma mengisaratkan tentang kesyukuran orang Arab terhadap kenikmatan alam.} }