@phdthesis{digilib34421,
           month = {March},
           title = {UPAYA PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK
KELAS V MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
DI MIN 1 YOGYAKARTA},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.  14480098 VONY WIJAYANTI},
            year = {2018},
            note = {Sigit Prasetyo, M. Pd. Si.},
        keywords = {Upaya Pembina, Ektrakurikuler Pramuka, Percaya Diri, Sistem
Among},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34421/},
        abstract = {Percaya diri merupakan kunci segala keberhasilan, seseorang tidak akan
berhasil melakukan segala hal tanpa memiliki rasa percaya diri. Menjadi pribadi
yang percaya diri akan memudahkan seseorang dalam menjalani hidup. Karena
percaya diri mampu memberikan energi positif dalam diri seseorang. Di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Yogyakarta peneliti menemukan banyak anak kurang
percaya diri. Pendidikan karakter kurikulum 2013 belum maksimal dapat diterapkan
didalam pembelajaran sehingga masih perlu usaha dari berbagai pihak untuk
pembentukan karakter peserta didik. Gerakan Pramuka dapat menjadi solusi untuk
mendampingi pendidikan formal di sekolah dalam menumbuhkan karakter peserta
didik sehingga menjadi manusia yang percaya diri. Penelitian ini mengkaji: (1)
upaya pembina pramuka dalam pembentukan kepercayaan diri peserta didik. (2)
ciri-ciri percaya diri peserta didik yang muncul dalam kegiatan ekstrakurikuler
pramuka. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pembentukan
kepercayaan diri peserta didik di MIN 1 Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
lapangan dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif dan berlokasi di MIN 1
Yogyakarta Jalan Mendungwarih No 149 A, Desa Mendungan Kelurahan
Giwangan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Metode penelitian ini meliputi :
metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Analisis data:
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan: Pertama, Upaya pembina membentuk percaya
diri pramuka penggalang yaitu: Hasil penelitian menunjukan upaya pembina
untuk membentuk percaya diri peserta didik penggalang sebagai berikut: a.
Pembina berperan sebagai orang tua, b. Pembina berperan sebagai guru, c.
Pembina berperan sebagai kakak, d. Pembina berperan sebagai konsultan, e.
Pembina berperan sebagai motivator. Kedua, Sistem Among yang digunakan
pembina dalam pembentukan percaya diri peserta didik sebagai berikut: a.
Memberikan kegiatan yang menantang sesuai usia pramuka penggalang, b.
Memberikan kegiatan yang mengacu kedisiplinan, c. Menegakan pemberian
reward, d. Memaksimalkan regu sebagai pusat pembelajaran peserta didik, e.
Kegiatan yang menarik dalam kepramukaan selalu berbasis pendidikan karakter
dan salah satunya adalah percaya diri.}
}