relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34421/
title: UPAYA PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK  KELAS V MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA  DI MIN 1 YOGYAKARTA
creator: VONY WIJAYANTI, NIM.  14480098
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: Percaya diri merupakan kunci segala keberhasilan, seseorang tidak akan  berhasil melakukan segala hal tanpa memiliki rasa percaya diri. Menjadi pribadi  yang percaya diri akan memudahkan seseorang dalam menjalani hidup. Karena  percaya diri mampu memberikan energi positif dalam diri seseorang. Di Madrasah  Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Yogyakarta peneliti menemukan banyak anak kurang  percaya diri. Pendidikan karakter kurikulum 2013 belum maksimal dapat diterapkan  didalam pembelajaran sehingga masih perlu usaha dari berbagai pihak untuk  pembentukan karakter peserta didik. Gerakan Pramuka dapat menjadi solusi untuk  mendampingi pendidikan formal di sekolah dalam menumbuhkan karakter peserta  didik sehingga menjadi manusia yang percaya diri. Penelitian ini mengkaji: (1)  upaya pembina pramuka dalam pembentukan kepercayaan diri peserta didik. (2)  ciri-ciri percaya diri peserta didik yang muncul dalam kegiatan ekstrakurikuler  pramuka. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pembentukan  kepercayaan diri peserta didik di MIN 1 Yogyakarta.  Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian  lapangan dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif dan berlokasi di MIN 1  Yogyakarta Jalan Mendungwarih No 149 A, Desa Mendungan Kelurahan  Giwangan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Metode penelitian ini meliputi :  metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Analisis data:  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.  Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.  Hasil penelitian menunjukan: Pertama, Upaya pembina membentuk percaya  diri pramuka penggalang yaitu: Hasil penelitian menunjukan upaya pembina  untuk membentuk percaya diri peserta didik penggalang sebagai berikut: a.  Pembina berperan sebagai orang tua, b. Pembina berperan sebagai guru, c.  Pembina berperan sebagai kakak, d. Pembina berperan sebagai konsultan, e.  Pembina berperan sebagai motivator. Kedua, Sistem Among yang digunakan  pembina dalam pembentukan percaya diri peserta didik sebagai berikut: a.  Memberikan kegiatan yang menantang sesuai usia pramuka penggalang, b.  Memberikan kegiatan yang mengacu kedisiplinan, c. Menegakan pemberian  reward, d. Memaksimalkan regu sebagai pusat pembelajaran peserta didik, e.  Kegiatan yang menarik dalam kepramukaan selalu berbasis pendidikan karakter  dan salah satunya adalah percaya diri.
date: 2018-03-23
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34421/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34421/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
identifier:   VONY WIJAYANTI, NIM. 14480098  (2018) UPAYA PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS V MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MIN 1 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.