TY - THES N1 - Dr. Andi Prastowo, M. Pd.I ID - digilib34426 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34426/ A1 - ALWI ARIFIANTO, NIM. 14480112 Y1 - 2018/08/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa tinggi religiusitas peserta didik kelas III SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta, (2) Seberapa kuat interaksi sosial teman sebaya peserta didik kelas III SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta, dan (3) Hubungan antara religiusitas dengan interaksi sosial teman sebaya peserta didik kelas III SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan berlokasi di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel religiusitas (X), dan variabel interaksi sosial (Y). Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket/kuisioner dan mengambil sampel sebanyak 55 responden dari kelas III A dan III B. Angket terdiri atas 15 butir variabel (X), dan 12 butir untuk variabel (Y). Penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Religiusitas peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta secara umum dikategorikan tinggi, yaitu sebesar 61,18%, 2) Interaksi sosial peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta secara umum dikategorikan tinggi, yaitu sebesar 50,90 %, 3) Nilai koefisien korelasi produc moment rxy sebesar (rxy = 0,749, p = 0,00 0,05 ). Dengan demikian kesimpulannya adalah (Ha) diterima, dan hipotesis nihil (Ho) ditolak yang berarti bahwa terdapat hubungan antara religiusitas dengan interaksi sosial teman sebaya. Religiusitas seseorang menunjuk pada ketaatan dan komitmen seseorang terhadap agamanya, artinya keberagamaan seseorang pada dasarnya lebih menunjukkan pada proses-proses internalisasi nilai-nilai agama yang kemudian menyatu dalam diri individu membentuk perilaku seharihari peserta didik. Religiusitas mempengaruhi interaksi sosial peserta didik, hal ini menunjukkan bahwa jika peserta didik religiusitasnya tinggi maka akan berdampak positif terhadap interaksi sosial antar teman sebaya. Dalam proses interaksi sosial dengan teman sebaya di sekolah, terjadi hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi satu viii sama lainnya. Proses tersebut berlangsung saat pelaksanaan kegiatankegiatan keagamaan di sekolahan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Religiusitas KW - Interaksi Sosial KW - Teman Sebaya. M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS III SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO YOGYAKARTA AV - restricted EP - 78 ER -