TY - THES N1 - Dr. H. Sumedi, M.Ag ID - digilib34437 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34437/ A1 - Isna Nur Khoeriyah, NIM. 16204010018 Y1 - 2019/02/14/ N2 - Integrasi merupakan salah satu konsep yang menjawab permasalahan dikotomi pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang menginginkan generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia serta dapat menguasai sains dan Islam secara seimbang. Kurikulum adalah unsur tepenting dalam pendidikan, dimana dalam kurikulum itulah segala bentuk kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. SMA Sains al-Quran menjadi salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan konsep integrasi yaitu perpaduan kurikulum pesantren dan kurikulum diknas secara bersamaan. Integrasi nilai sains dan al-Quran dalam setiap kegiatan di SMA Sains al-Quran Yogyakarta bertujuan untuk menumbuhkan spirit al-Quran dan jiwa saintis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep dan implementasi integrasi Islam dan sains dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Sains al-Quran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep Integrasi Islam dan Sains dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Sains al- PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Integrasi Islam dan Sains KW - Implementasi Integrasi Islam dan sains M1 - masters TI - INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS AL-QURAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 209 ER -