TY - THES N1 - Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd., ID - digilib34438 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34438/ A1 - LISA MASRUROH, NIM. 14480149 Y1 - 2018/08/08/ N2 - Matematika mempunyai fungsi penting di dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Matematika di SD hendaknya dapat mengembangkan pola penalaran siswa untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan simbol atau gagasan. Secara berkala siswa SD diberikan soal berbentuk uraian untuk melatih penalaran siswa. Kasus kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian masih ditemukan di SDN Jejeran dari taun ke taun. Berdasarkan data tersebut penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu apa saja jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian Matematika, apa saja faktor yang mempengaruhi dan apa saja upaya guru dalam meminimalisasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat penelitian berada di SDN Jejeran Pleret Bantul dengan subjek utama adalah siswa kelas V yang berjumlah 122 siswa. Data pokok penelitian menggunakan lembar jawaban siswa dalam mengerjakan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, data dokumen, dan triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan tiga jenis siswa mengalami kesalahan antara lain kesalahan konsep 23%, operasi bilangan 13%, dan kecerobohan 7%. Terdapat dua faktor indikasi penyebab kesalahan tersebut yaitu faktor pengaruh internal meliputi sikap belajar siswa, motivasi belajar, dan daya tangkap siswa terhadap materi pelajaran. Faktor eksternal meliputi perbedaan guru dalam menyampaikan pembelajaran dan lingkungan pergaulan siswa di sekolah. Upaya guru yang telah dilakukan adalah merubah formasi ruang kelas, menambah jam pelajaran, dan melakukan remidi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - matematika KW - identifiasi kesalahan siswa KW - soal uraian M1 - skripsi TI - IDENTIFIKASI JENIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL URAIAN MATEMATIKA SD KELAS V DI SDN JEJERAN PLERET BANTUL AV - restricted EP - 149 ER -