%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI ISOFAH, NIM 14480167 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:34439 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Efektivitas, learning cycle 7e, berpikir kritis, Matematika. %P 205 %T EFEKTIVITAS LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS 5 MIN 1 BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34439/ %X Penelitian berdasar atas rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap pembelajaran matematika kelas 5 MIN 1 Bantul. Hal tersebut menjadi ketertarikan peneliti untuk menindak lebih lanjut permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis melalui penelitian menggunakan model pembelajaran learning cycle 7. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran learning cycle 7e pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 5 MIN 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel penelitiannya adalah kelas 5 MIN 1 Bantul. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik purpose sampling. Cara pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen tes menggunakan jenis tes essay melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan cara uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji non parametik tes yaitu uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis uji efektivitas Gain score menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,01 0,05. Berdasarkan hipotesis yang sudah dirumuskan maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji Gain score menunjukkan bahwa terdapat selisih nilai Pretest Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selisih hasil kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran learning cycle 7e lebih tinggi dibanding selisih Pretest-Posttest kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran metode konvensional. Dengan demikian model pembelajaran learning cycle 7e lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sehingga dapat dibuktikan secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Matematika. %Z M. Agung Rokhimawan, M.Pd.