relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34441/
title: IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT  (E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DI SD  MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR
creator: NONA ISNAWATI, NIM. 14480147
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: Di era globalisasi ini, pengguna internet meningkat dari tahun ke tahun, tidak  terkecuali anak-anak. Hal tersebut menjadi tantangan sendiri bagi sekolah dalam  menyiapkan output yang mampu bersaing di era global. Salah satunya yaitu  menyiapkan siswanya agar mempunyai kemampuan literasi digital yang baik.  Sekolah sebagai lembaga pendidikan perlu membuat program yang dapat  menumbuhkan literasi digital agar siswa memiliki bekal dalam menghadapi  persaingan global yang saat ini serba teknologi Salah satu program yang dibuat  sekolah yaitu program pembelajaran berbasis IT (e-learning) SD Muhammadiyah  Condongcatur merupakan salah satu sekolah yang sudah mengimplementasikan  program pembelajaran berbasis IT (e-learning) Berdasarkan latar belakang tersebut  dapat ditarik rumusan masalah yang diteliti yakni: (1) Bagaimana implementasi  program pembelajaran berbasis IT (e-learning) dalam menumbuhkan literasi digital,  (2) Mengapa program pembelajaran berbasis IT (e-learning) menjadi penting  dilaksanakan di SD Muhammadiyah Condongcatur.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat yang  digunakan dalam penelitian ini adalah di SD Muhammadiyah Condongcatur yang  terletak di Jln. Ringroad Utara Gorongan, Condongcatur, Depok, Sleman,  Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang  kurikulum, tim divisi lab, guru, siswa kelas III, IV, dan V. Metode pengumpulan data  menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis  data meliputi pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion  drawing. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik  pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang  digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber.  Hasil penelitian antara lain: (1) Implementasi program pembelajaran berbasis IT  (e-learning) dapat dilakukan oleh peserta didik dimana saja dan kapanpun dengan  strategi sebagai berikut: setiap peserta didik memiliki akun (user dan password)  untuk masuk ke LMS (Learning Management System), peserta didik dapat  mengunduh file pembelajaran yang diberikan oleh guru, peserta didik dapat mengirim  tugas ke e-learning dan, peserta didik dapat berkomunikasi dengan guru dan antar  peserta didik. (2) Pentingnya program pembelajaran berbasis IT (e-learning) sebagai  salah satu upaya dalam menumbuhkan literasi digital yaitu sebagai sarana  pembelajaran literasi digital bagi peserta didik, sarana untuk menumbuhkan  kreatifitas peserta didik, dan sarana untuk berbagi informasi.
date: 2018-07-31
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34441/1/14480147_BAB%20I%2C%20BAB%20V.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34441/2/14480147_BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf
identifier:   NONA ISNAWATI, NIM. 14480147  (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT (E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.