eprintid: 34441
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 77
dir: disk0/00/03/44/41
datestamp: 2019-04-08 09:03:16
lastmod: 2019-04-08 09:03:16
status_changed: 2019-04-08 09:03:16
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: NONA ISNAWATI, NIM. 14480147
title: IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT
(E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DI SD
MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR
ispublished: pub
subjects: pg_mi
divisions: pgmi
full_text_status: restricted
keywords: Program E-learning, Literasi Digital.
note: Dr. Hj. Maemonah, M,Ag.,
abstract: Di era globalisasi ini, pengguna internet meningkat dari tahun ke tahun, tidak
terkecuali anak-anak. Hal tersebut menjadi tantangan sendiri bagi sekolah dalam
menyiapkan output yang mampu bersaing di era global. Salah satunya yaitu
menyiapkan siswanya agar mempunyai kemampuan literasi digital yang baik.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan perlu membuat program yang dapat
menumbuhkan literasi digital agar siswa memiliki bekal dalam menghadapi
persaingan global yang saat ini serba teknologi Salah satu program yang dibuat
sekolah yaitu program pembelajaran berbasis IT (e-learning) SD Muhammadiyah
Condongcatur merupakan salah satu sekolah yang sudah mengimplementasikan
program pembelajaran berbasis IT (e-learning) Berdasarkan latar belakang tersebut
dapat ditarik rumusan masalah yang diteliti yakni: (1) Bagaimana implementasi
program pembelajaran berbasis IT (e-learning) dalam menumbuhkan literasi digital,
(2) Mengapa program pembelajaran berbasis IT (e-learning) menjadi penting
dilaksanakan di SD Muhammadiyah Condongcatur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat yang
digunakan dalam penelitian ini adalah di SD Muhammadiyah Condongcatur yang
terletak di Jln. Ringroad Utara Gorongan, Condongcatur, Depok, Sleman,
Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang
kurikulum, tim divisi lab, guru, siswa kelas III, IV, dan V. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data meliputi pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion
drawing. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik
pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian antara lain: (1) Implementasi program pembelajaran berbasis IT
(e-learning) dapat dilakukan oleh peserta didik dimana saja dan kapanpun dengan
strategi sebagai berikut: setiap peserta didik memiliki akun (user dan password)
untuk masuk ke LMS (Learning Management System), peserta didik dapat
mengunduh file pembelajaran yang diberikan oleh guru, peserta didik dapat mengirim
tugas ke e-learning dan, peserta didik dapat berkomunikasi dengan guru dan antar
peserta didik. (2) Pentingnya program pembelajaran berbasis IT (e-learning) sebagai
salah satu upaya dalam menumbuhkan literasi digital yaitu sebagai sarana
pembelajaran literasi digital bagi peserta didik, sarana untuk menumbuhkan
kreatifitas peserta didik, dan sarana untuk berbagi informasi.
date: 2018-07-31
date_type: published
pages: 173
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   NONA ISNAWATI, NIM. 14480147  (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT (E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34441/1/14480147_BAB%20I%2C%20BAB%20V.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34441/2/14480147_BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf