TY - THES N1 - Suparni, M.Pd ID - digilib34522 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34522/ A1 - Siti Nurrohmah, NIM. 14600008 Y1 - 2018/12/07/ N2 - Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode snowball drilling serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Klaten tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIIIA dan VIII B. Kelas VIII A dijadikan kelas eksperimen dengan treatment menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode snowball drilling. Kelas VIII B dijadikan kelas kontrol dengan treatment menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest, skala, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 23dan microsoft excel 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode Snowball Drillinglebih tidak efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode Snowball Drilling tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - NHT KW - Snowball Drilling KW - Kemampuan Pemecahan Masalah KW - Keaktifan Belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN AV - restricted EP - 279 ER -