eprintid: 34522 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/45/22 datestamp: 2019-04-11 07:25:33 lastmod: 2019-04-11 07:25:33 status_changed: 2019-04-11 07:25:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti Nurrohmah, NIM. 14600008 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: NHT, Snowball Drilling, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keaktifan Belajar note: Suparni, M.Pd abstract: Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode snowball drilling serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Klaten tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIIIA dan VIII B. Kelas VIII A dijadikan kelas eksperimen dengan treatment menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode snowball drilling. Kelas VIII B dijadikan kelas kontrol dengan treatment menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest, skala, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 23dan microsoft excel 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode Snowball Drillinglebih tidak efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode Snowball Drilling tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa. date: 2018-12-07 date_type: published pages: 279 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Nurrohmah, NIM. 14600008 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34522/1/14600008_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34522/2/14600008_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf