<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205)"^^ . "Penelitian ini mengkaji tentang tradisi Zikir Khafi yang dilakukan di\r\nPondok Pesantren Sulaimaniyah. Pondok ini memiliki basic tarekat\r\nNaqsyabandiah yang berasal dari Syaikh Sulaiman Hilmi Tunahan di Turki.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu tentang Living Qur’an yang\r\nberupa pemahaman pelaku zikir terhadap Al-Qur’an yang diwujudkan dalam\r\nbentuk praktik zikir khafi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang\r\nbersifat deskriptif analitis. Selain itu, penelitian ini dilakukan melalui\r\npendekatan antropologi Interpretatif Clifford Geertz yang membahas tentang\r\nsistem nilai, sistem simbol dan sistem makna. Dengan ketiga sistem tersebut\r\ndiharapkan penelitian ini mampu menjawab pertanyaan tentang makna dibalik\r\npraktik zikir khafi yang dilakukan di pondok pesantren Sulaimaniyah.\r\nHasil penelitian ini menunjukan bahwa sejarah zikir khafi merujuk kepada\r\ncerita sahabat Abu Bakar ra yang sedang bersembunyi di dalam gua bersama\r\nRosul ketika hendak berhijrah dari Makkah menuju Madinah. Sedangkan proses\r\npelaksaan zikir khafi di Pondok Pesantren Sulaimaniyah dilakukan secara rutin\r\nsetiap hari sekali dengan membaca lafaz Allah di dalam hati sebanyak 500 kali\r\ndengan syarat dan ketentuan tertentu. Jika dilihat dengan teori antropologi\r\ninterpretatif Clifford Geertz, praktik itu memiliki beberapa simbol unik,\r\ndiantaranya pengguanaan lafaz Allah yang diartikan lafaz yang telah mencakup\r\nsegala macam zikir atau lafaz yang paling ma’rifah, duduk iftirasy diartikan\r\nsebagai duduk yang paling sopan ketika menghadap, pemilihan waktu zikir oleh\r\npelaku zikir dengan alasan menghindari kantuk dan mencari titik kekhuyukan,\r\nserta menunduknya pandangan ke arah hati menandakan bahwa dengan hal itu\r\npelaku zikir dapat lebih mengontrol hawa nafsu dan amarah yang letaknya\r\ndiantara dua alis.\r\nDalam memahami simbol-simbol tersebut pelaku zikir tidak terlepas oleh\r\nruang lingkup agama dan sosial yang menyebabkan pelaku zikir melakukan\r\nsesuatu. Diantara ruang lingkup sosial tersebut adalah arahan serta bimbingan\r\nustaz yang memberikan ijazah kepada pelaku zikir, sehingga pelaku zikir\r\nmeyakini bahwa adanya konsep syafa’at, washilah (perantara) dan ita’ah\r\n(kepatuhan) terhadap ajaran tarekat Naqsyabandiyah. Dengan keyakinan seperti\r\nitu dan didorong oleh perasan dan motivasi, pelaku zikir mengaplikasikanya ke\r\ndalam sebuah tradisi yakni zikir khafi atau berzikir dengan cara tidak melafalkan\r\nsuara."^^ . "2018-08-10" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 14530079"^^ . "RONI ABDUL GHONI RIFA’I"^^ . "NIM. 14530079 RONI ABDUL GHONI RIFA’I"^^ . . . . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Text)"^^ . . . . . "14530079_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Text)"^^ . . . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Other)"^^ . . . . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Other)"^^ . . . . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Other)"^^ . . . . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Other)"^^ . . . . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #34576 \n\nZIKIR KHAFI DALAM TAREKAT NAQSYABANDI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH KARANGASEM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA (RESEPSI MAKNA TERHADAP QS. AL-A’RAF AYAT 205)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .