<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . "Keabsahan rujuk bisa terwujud apabila rukun-rukun rujuk terpenuhi, yaitu\r\npihak suami, pihak istri, sighat rujuk dan saksi rujuk. Mengenai hukum saksi\r\nrujuk sendiri Ulama berbeda pendapat, Ulama Hanafiyyah berpendapat bahwa\r\nhukum saksi rujuk adalah sunnah, sementara Ibnu Hazm berpendapat bahwa\r\nhukum saksi rujuk adalah wajib. Golongan Zahiriyyah antara lain Ibnu Hazm\r\nberpendapat bahwa amr yang terdapat dalam Al-Qur’an, walaupun disertai\r\nqari>nah tetap menunjukkan wajib, kecuali kalau ada nas lain atau ijma>‘ yang\r\nmemalingkan pengertian amr dari wajib. Sedangkan jumhur ulama termasuk\r\nmazhab Hanafiyyah berpendapat bahwa amr yang tidak disertai qari>nah\r\nmenunjukkan wajib. Sebaliknya, adanya suatu qari>nah sudah cukup dapat\r\nmengubah hakikat arti amr itu. Dalam konteks hukum perkawinan di Indonesia,\r\npelaksanaan rujuk harus dilakukan di hadapan PPN atau pembantunya dan\r\npengucapan rujuk harus disertakan saksi-saksi sebagaimana yang disebutkan\r\ndalam KHI Pasal 167. Adapun maqa>s}id asy-syari>‘ah atau tujuan pemberlakuan\r\nsyari’at adalah untuk mewujudkan kemaslahatan manusia dan sekaligus untuk\r\nmenghindari mafsadah baik di dunia maupun di akhirat. Kemaslahatan itu dapat\r\ndiwujudkan apabila lima unsur pokok dapat diwujudkan dan dipelihara, yaitu\r\nagama, jiwa, keturunan, akal dan harta. Kemaslahatan yang akan diwujudkan itu\r\ndibagi kepada tiga tingkatan kebutuhan, yaitu d{aru>riyyat (kebutuhan primer),\r\nh}a>jiyyat (kebutuhan sekunder) dan tah}si>niyyat (kebutuhan tersier).\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan metode\r\npengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan normatif dan yuridis. Analisis yang\r\ndipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dan data yang terkumpul\r\njuga akan dianalisis menggunakan pendekatan maqa>s}id asy-syari>‘ah.\r\nUlama Hanafiyyah berpendapat bahwa amr pada surat at-Talaq (65): 2\r\nmenunjukkan sunnah, karena pada nas-nas tentang rujuk yang lain tidak ada\r\nqayyid yang memerintahkan mempersaksikan rujuk. Sedangkan Ibnu Hazm\r\nberpendapat bahwa amr pada surat at-Talaq (65): 2 menunjukkan wajib dan tidak\r\nbisa menyimpang dari arti z}a>hir nas kecuali ada nas lain atau ijma>‘ yang\r\nmemalingkan pengertian amr dari wajib. Pada Pasal 167 KHI diterangkan bahwa\r\nrujuk itu harus disaksikan dan dicatat oleh PPN. Hal tersebut sesuai dengan\r\npendapat Ibnu Hazm yang mewajibkan mempersaksikan rujuk. Saksi rujuk pada\r\ndasarnya adalah perkara h}a>jiyyat, yang mana apabila ditinggalkan tidak sampai\r\nmenimbulkan bahaya. Dalam konteks Hukum Perkawinan di Indonesia yang\r\nmengharuskan adanya saksi rujuk, maka saksi rujuk yang semula perkara h}a>jiyyat\r\nmaka naik menjadi perkara d{aru>riyyat yang senantiasa dijaga keberadaanya agar\r\nkemaslahatan tercipta dan terhindar dari mafsadah. Hasil dari penelitian ini\r\nmenunjukkan bahwa mempersaksikan rujuk dan mencatatkannya di KUA juga\r\nturut serta dalam pemeliharaan perkara d{aru>riyyat, terutama pemeliharaan\r\nterhadap agama, keturunan dan harta."^^ . "2018-11-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 14350081"^^ . "MUHAMMAD IRFAN"^^ . "NIM. 14350081 MUHAMMAD IRFAN"^^ . . . . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . "14350081_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . . "PANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG\r\nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA\r\n(TINJAUAN MAQA . . . . . "HTML Summary of #34604 \n\nPANDANGAN ULAMA MAZHAB HANAFIYYAH DAN IBNU HAZM TENTANG \nSAKSI RUJUK DALAM KONTEKS HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA \n(TINJAUAN MAQA<S{ID ASY-SYARI<’AH)\n\n" . "text/html" . . . "Keluarga Islam" . .