@phdthesis{digilib34648,
           month = {October},
           title = {NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PESERTA DIDIK MENURUT
K.H. BISRI MUSTHOFA DALAM KITAB SYI?IR NGUDI SUSILA},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 12410108 IRFAN FATKUROHMAT},
            year = {2018},
            note = {Drs. Radino, M.Ag.},
        keywords = {Pendidikan Akhlak, Peserta didik, Kitab Syi?ir Ngudi Susilo.},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34648/},
        abstract = {Dilatarbelakangi adanya kasus-kasus penyimpangan sosial adanya
penyimpangan akhlak adanya kenakalan kenakalan yang dipelakui para pelajar yang
rata-rata masih berusia di bawah umur peneliti melakukan suatu kajian tentang
sebuah kitab yang berisikan sebuah materi tentang akhlak, yang peneliti harapkan
sedikit banyak mampu memberikan sumbang sih terhadap dunia pendidikan untuk
mengatasi permasalah yang mendasar tersebut. Kitab tersebut yaitu kitab Syi?ir Ngudi
Susila karya K.H. Bisri Musthofa. Kitab ini terdiri dari 16 halaman yang isinya
sebuah Syi?ir yang dikarang oleh K.H. Bisri Musthofa di rembang pada bulan jumadil
akhir tahun 1373 atau pada tahun 1941.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi pustaka (library research).
Teknik pengumpulan datanya dilakukan di perpustakaan dengan cara pembacaan
terhadap beberapa literatur yang memiliki informasi serta relevansi diantaranya dapat
berupa buku, jurnal, laporan hasil penelitian, surat kabar, hasil seminar dan lain
sebagainya.
Kitab Syi?ir Ngudi Susila karya K.H Bisri Musthofa ini merupakan kitab yang
ditulis dengan huruf arab pegon berbahasa jawa. Isinya mengenai masalah pendidikan
akhlak yang mulia yang layak digunakan sebagai bahan mendidik peserta didik,
terutama membagi waktu, akhlak terhadap kedua orang tua, di sekolah, dengan guru,
dengan teman, di rumah, dengan tamu, sikap dan perilaku yang baik serta cita-cita
yang luhur. Muatan nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat penulis temukan dalam
kitab Syi?ir Ngudi Susila yaitu: Nilai-nilai pendidikan religius, Nilai-nilai pendidikan
moral, meliputi: kejujuran, nilai keadilan, nilai kedisiplinan, dan tanggung jawab.
Nilai pendidkan kreatifitas, meliputi: nilai kreatif, nilai mandiri, dan nilai rajin
membaca. Nilai pendidikan Sosial, Nilai pendidikan kebangsaan, dan nilai
pendidikan lingkungan hidup. Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak tersebut
diterapkan dalam akhlak peserta didik kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri,
akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak sesama lingkungan hidup.}
}