@phdthesis{digilib34650, month = {February}, title = {UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGANTISIPASI PERILAKU BULLYING DI MI AL-ISLAM GIWANGAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12410126 Faqih Utsman}, year = {2019}, note = {Drs. Nur Hamidi, MA}, keywords = {guru aqidah akhlak, bullying, MI Al-Islam Giwangan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34650/}, abstract = {Penelitian ini berawal dari banyaknya kasus bullying siswa di lingkungan madrasah, terlihat dari realitasnya masih adanya siswa yang menjadi korban bullying, siswa yang takut untuk berada di madrasah, disamping itu masih sering terjadi siswa yang beperilaku buruk pada temannya, seperti menyebarkan kebohongan, mengucilkan, dan berkelahi dengan temannya. Hal tersebut sudah seharusnya menjadi peran lembaga pendidikan untuk mengantisipasi perilaku bullying siswa, khususnya guru aqidah akhlak yang mengampu pembelajaran aqidah akhlak siswa sebagai panutan dalam mengaplikasikan nilai-nilai Islam. Berawal dari masalah tersebut, MI Al-Islam Giwangan Yogyakarta memiliki kasus serupa dengan upaya guru aqidah akhlak yang dapat mengantisipasi perilaku bullying siswa. Adapun tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku bullying di MI Al-Islam Giwangan Yogyakarta, mendeskripsikan upaya guru aqidah akhlak dalam mengantisipasi perilaku bullying di MI Al-Islam Giwangan, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru aqidah akhlak dalam mengantisipasi perilaku bullying di MI Al-Islam Giwangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MI Al-Islam Giwangan Yogyakarta. Subyek penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran aqidah akhlak, kepala madrasah, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan: bentuk-bentuk perilaku bullying di MI Al-Islam Giwangan adalah perilaku bullying tingkat ringan (secara tidak langsung), perilaku bullying tingkat sedang (secara verbal), dan perilaku bullying tingkat berat (secara fisik). Upaya guru aqidah akhlak dalam mengantisipasi perilaku bullying di MI Al-Islam Giwangan adalah dengan pembelajaran aqidah akhlak, dengan penanaman keteladanan siswa, dengan pembiasaan dan paksaan terhadap siswa, dan dengan memberikan nasehat dan peringatan kepada siswa. Faktor pendukungnya adalah pengaduan dari orang tua siswa, kerjasama yang baik dengan sesama guru, kegiatan rapat guru dan orang tua siswa, program-program kegiatan sekolah, dan dukungan dari kepala madrasah, dan faktor penghambatnya adalah kondisi pribadi siswa, masalah orang tua siswa, aspek lingkungan siswa, pengawasan sekolah siswa, dan pengaruh media.} }