%0 Thesis
%9 Skripsi
%A ROHMAH SUNTARI, NIM. 14410094
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2018
%F digilib:34672
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Kurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan, Karakter  Kepemimpinan
%P 130
%T IMPLEMENTASI KURIKULUM ṬALAQQIYAN FIKRIYAN  DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN  DI ISLAMIC LEADERSHIP PESANTREN TARUNA PANATAGAMA  WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34672/
%X Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya  kurikulum mampu mencetak siswa-siswi yang memiliki karakter  kepemimpinan.Tentunya karakter kepemimpinan yang dibangun adalah karakter kepemimpinan dalam kacamata Islam. Maka kurikulum yang diterapkan semestinya bisa menjadi sarana bagi siswa-siswi untukmempersiapkan dirinya menjadi pemimpin. Namun pada realitanyapergantian kurikulum yang dilakukan hingga saat ini belumsepenuhnya mampu mencetak siswa yang memiliki karakterkepemimpinan, bahkan justru sekolah menjadi tempat yang tidakdiminati. Di Yogyakarta hadir sebuah lembaga pendidikan yangberusaha untuk memecahkan persoalan dengan mengusung konsepkurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan. Oleh karena itu perlu diadakan  penelitian tentang implementasi kurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan dalammembentuk karakter kepemimpinan. Yang menjadi masalah dalampenelitian ini adalah bagaimana implementasi kurikulum ṭalaqqiyanfikriyan, bagaimana faktor penghambat , pendukung dan dampakimplementasi kurikulum ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana implementasi kurikulum ṭalaqqiyan fikriyan dalammembentuk karakter kepemimpinan, pembentukan karakterkepemimpinan, faktor penghambat, pendukung implementasikurikulum ṭalaqqiyan fikriyan.Penelitian ini merupakan penelitian field research. Adapunpengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dandokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Implementasi Kurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan di Pesantren Taruna Panatagama dapat  dilihat pada 4 komponen kurikulumnya yaitu dari komponen tujuan, isi,strategi dan evaluasi. 2) Pembentukan Karakter Kepemimpinan dalamimplementasi kurikulum ṭalaqqiyan fikriyan tercermin dalam masingmasingkomponen kurikulum. 3) Faktor pendukung penerapankurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan mencakup empat hal yaitu ; a) Santri.Kesiapan santri dalam menerima keadaan sekolah yang anti mainstream sangat mendukung terselenggaranya kurikulum ṬalaqqiyanFikriyan. b) Guru. Tidak hanya santri yang menjadi faktor pendukung,guru juga perlu memiliki pemahaman yang sama dan siap menerima  kondisi sekolah yang anti mainstream c) Masyarakat. Respon  masyarakat terhadap keberadaan Pesantren Taruna Panatagama cukupbaik. Sementara dampak implementasi Kurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyandi Pesantren Taruna Panatagama yaitu terbentuk karakterkepemimpinan yang meliputi mencintai kebenaran; dapat menjagamanah dan kepercayaan orang lain, ikhlas dan memiliki semangatpengabdian, baik dalam pergaulan masyarakat serta bijaksana.
%Z Drs. H. Rofik, M.Ag