eprintid: 34685 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/46/85 datestamp: 2019-04-18 04:06:52 lastmod: 2019-04-18 04:06:52 status_changed: 2019-04-18 04:06:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NIKMATUL ISNAINI, NIM. 14410116 title: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “BUKU TERPAKSA BELAJAR” MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs NEGERI 1 MAGELANG ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Strategi Pembelajaran, Buku Terpaksa Belajar, Fikih note: Drs. Moch Fuad. M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan , target, dan problem saat menerapkam strategi pembelajaran “Buku Terpaksa Belajar” pada pembelajaran fikih di kelas VII MTs Negeri 1 Magelang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah lapangan (field reserch). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif, yaitu suatu desain atau prosedur evaluasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematik untuk menentukan nilai atau manfaat dari suatu praktik pendidikan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII program reguler MTs Negeri 1 Magelang tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 260 siswa. Dari kelas VII program reguler, peneliti mengambil 4 kelas yaitu kelas VII A, VII C, VII D, dan VII F untuk diteliti, hal ini dimaksud untuk menyamakan materi yang sedang dipelajari yaitu materi dzikir dan berdoa. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan trianggulasi teknik, adapunteknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan strategi pembelajaran “Buku Terpaksa Belajar” pada pembelajaran fikih di MTs Negeri 1 Magelang sudah cukup baik, hal ini dilihat kenaikan hasil prestasi belajar siswa setah menerapkan strategi Buku Terpaksa Belajar”. 2) Terdapat tiga target yang ingin dicapai dari penerapan strategi pembelajaran “Buku Terpaksa Belajar” dalam pembelajaran fikih di MTs Negeri 1 Magelang. 3) Dalam penerapan strategi pembelajaran “Buku Terpaksa Belajar” dalam pembelajaran fikih di MTs Negeri 1 Magelang terdapat probelem bagi siswa dan guru PAI. date: 2018-11-29 date_type: published pages: 157 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NIKMATUL ISNAINI, NIM. 14410116 (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “BUKU TERPAKSA BELAJAR” MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTs NEGERI 1 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34685/1/14410116_%20BAB%20I_BAB%20IV%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34685/2/14410116_BAB-II_III.pdf