relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34688/
title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU PROSOSIAL  KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI RA ALHUSNA  PAKUALAMAN YOGYAKARTA
creator: ELMA INDRIAYANI, NIM.  14430020
subject: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
description: Penelitian ini dilakukan untuk : (1) mengetahui kemampuan perilaku  prososial anak kelompok B RA Al-Husna Pakulaman sebelum melakukan  kegiatan pembelajaran dengan metode bermain peran (2) mengetahui bagaimana  implementasi kegiatan pembelajaran melalui metode bermain peran di kelompok  B RA Al-Husna Pakualaman (3) mengetahui peningkatan kemampuan perilaku  prososial anak kelompok B RA Al-Husna Pakualaman setelah kegiatan  pembelajaran melalui metode bermain peran. Penelitian ini merupakan Penelitian  Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc Taggart yang  dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah  anak kelompok B RA Al-Husna Pakualaman. Objek penelitian ini berupa  obsevasi, lembar checklist, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data  menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh  melalui observasi dan dokumentasi, dan data kuantitatif diperoleh dari penyajian  tabel.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Kemampuan perilaku prososial  anak kelas Al-Huda hanya sebesar 22,22% dengan minimal kategori tinggi  (kategori tinggi dan sangat tinggi) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih  tergolong belum optimal. (2) Penerapan kegiatan pembelajaran melalui metode  bermain peran dapat meningkatkan kemampuan perilaku prososial anak kelas Al-  Huda RA Al-Husna Pakualaman. Pelaksanaan pembelajaran melalui metode  bermain peran berhasil meningkat dari kategori rendah pada siklus I menjadi  kategori tinggi pada siklus II. (3) Setelah penerapan pembelajaran melalui metode  bermain peran, terjadi peningkatan kemampuan perilaku prososial anak dengan  minimal kategori tinggi pada siklus I sebesar 38,89% (kategori tinggi dan sangat  tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 77,78% (kategori tinggi dan sangat  tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui  metode bermain peran dapat meningkatkan kemampun perilaku prososial anak  kelompok Al-Huda di RA Al-Husna Pakualaman Yogyakarta.
date: 2018-11-21
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34688/1/14430020_BAB%20I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34688/2/14430020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   ELMA INDRIAYANI, NIM. 14430020  (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU PROSOSIAL KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI RA ALHUSNA PAKUALAMAN YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.