%0 Thesis %9 Skripsi %A ELMA INDRIAYANI, NIM. 14430020 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:34688 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Perilaku prososial, Metode main peran %P 203 %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU PROSOSIAL KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI RA ALHUSNA PAKUALAMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34688/ %X Penelitian ini dilakukan untuk : (1) mengetahui kemampuan perilaku prososial anak kelompok B RA Al-Husna Pakulaman sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dengan metode bermain peran (2) mengetahui bagaimana implementasi kegiatan pembelajaran melalui metode bermain peran di kelompok B RA Al-Husna Pakualaman (3) mengetahui peningkatan kemampuan perilaku prososial anak kelompok B RA Al-Husna Pakualaman setelah kegiatan pembelajaran melalui metode bermain peran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc Taggart yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B RA Al-Husna Pakualaman. Objek penelitian ini berupa obsevasi, lembar checklist, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan dokumentasi, dan data kuantitatif diperoleh dari penyajian tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Kemampuan perilaku prososial anak kelas Al-Huda hanya sebesar 22,22% dengan minimal kategori tinggi (kategori tinggi dan sangat tinggi) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih tergolong belum optimal. (2) Penerapan kegiatan pembelajaran melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan perilaku prososial anak kelas Al- Huda RA Al-Husna Pakualaman. Pelaksanaan pembelajaran melalui metode bermain peran berhasil meningkat dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. (3) Setelah penerapan pembelajaran melalui metode bermain peran, terjadi peningkatan kemampuan perilaku prososial anak dengan minimal kategori tinggi pada siklus I sebesar 38,89% (kategori tinggi dan sangat tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 77,78% (kategori tinggi dan sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampun perilaku prososial anak kelompok Al-Huda di RA Al-Husna Pakualaman Yogyakarta. %Z Drs. Ichsan, M.Pd.,