%A NIM.  14430020 ELMA INDRIAYANI
%O Drs. Ichsan, M.Pd.,
%T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU PROSOSIAL
KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI RA ALHUSNA
PAKUALAMAN YOGYAKARTA
%X Penelitian ini dilakukan untuk : (1) mengetahui kemampuan perilaku
prososial anak kelompok B RA Al-Husna Pakulaman sebelum melakukan
kegiatan pembelajaran dengan metode bermain peran (2) mengetahui bagaimana
implementasi kegiatan pembelajaran melalui metode bermain peran di kelompok
B RA Al-Husna Pakualaman (3) mengetahui peningkatan kemampuan perilaku
prososial anak kelompok B RA Al-Husna Pakualaman setelah kegiatan
pembelajaran melalui metode bermain peran. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc Taggart yang
dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah
anak kelompok B RA Al-Husna Pakualaman. Objek penelitian ini berupa
obsevasi, lembar checklist, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh
melalui observasi dan dokumentasi, dan data kuantitatif diperoleh dari penyajian
tabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Kemampuan perilaku prososial
anak kelas Al-Huda hanya sebesar 22,22% dengan minimal kategori tinggi
(kategori tinggi dan sangat tinggi) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih
tergolong belum optimal. (2) Penerapan kegiatan pembelajaran melalui metode
bermain peran dapat meningkatkan kemampuan perilaku prososial anak kelas Al-
Huda RA Al-Husna Pakualaman. Pelaksanaan pembelajaran melalui metode
bermain peran berhasil meningkat dari kategori rendah pada siklus I menjadi
kategori tinggi pada siklus II. (3) Setelah penerapan pembelajaran melalui metode
bermain peran, terjadi peningkatan kemampuan perilaku prososial anak dengan
minimal kategori tinggi pada siklus I sebesar 38,89% (kategori tinggi dan sangat
tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 77,78% (kategori tinggi dan sangat
tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui
metode bermain peran dapat meningkatkan kemampun perilaku prososial anak
kelompok Al-Huda di RA Al-Husna Pakualaman Yogyakarta.
%K Perilaku prososial, Metode main peran
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib34688