eprintid: 34688
rev_number: 18
eprint_status: archive
userid: 77
dir: disk0/00/03/46/88
datestamp: 2019-04-18 06:14:44
lastmod: 2019-04-22 06:50:10
status_changed: 2019-04-18 06:14:44
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: ELMA INDRIAYANI, NIM.  14430020
title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU PROSOSIAL
KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI RA ALHUSNA
PAKUALAMAN YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: s_piaud
divisions: pa_uds1
full_text_status: restricted
keywords: Perilaku prososial, Metode main peran
note: Drs. Ichsan, M.Pd.,
abstract: Penelitian ini dilakukan untuk : (1) mengetahui kemampuan perilaku
prososial anak kelompok B RA Al-Husna Pakulaman sebelum melakukan
kegiatan pembelajaran dengan metode bermain peran (2) mengetahui bagaimana
implementasi kegiatan pembelajaran melalui metode bermain peran di kelompok
B RA Al-Husna Pakualaman (3) mengetahui peningkatan kemampuan perilaku
prososial anak kelompok B RA Al-Husna Pakualaman setelah kegiatan
pembelajaran melalui metode bermain peran. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc Taggart yang
dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah
anak kelompok B RA Al-Husna Pakualaman. Objek penelitian ini berupa
obsevasi, lembar checklist, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh
melalui observasi dan dokumentasi, dan data kuantitatif diperoleh dari penyajian
tabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Kemampuan perilaku prososial
anak kelas Al-Huda hanya sebesar 22,22% dengan minimal kategori tinggi
(kategori tinggi dan sangat tinggi) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih
tergolong belum optimal. (2) Penerapan kegiatan pembelajaran melalui metode
bermain peran dapat meningkatkan kemampuan perilaku prososial anak kelas Al-
Huda RA Al-Husna Pakualaman. Pelaksanaan pembelajaran melalui metode
bermain peran berhasil meningkat dari kategori rendah pada siklus I menjadi
kategori tinggi pada siklus II. (3) Setelah penerapan pembelajaran melalui metode
bermain peran, terjadi peningkatan kemampuan perilaku prososial anak dengan
minimal kategori tinggi pada siklus I sebesar 38,89% (kategori tinggi dan sangat
tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 77,78% (kategori tinggi dan sangat
tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui
metode bermain peran dapat meningkatkan kemampun perilaku prososial anak
kelompok Al-Huda di RA Al-Husna Pakualaman Yogyakarta.
date: 2018-11-21
date_type: published
pages: 203
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   ELMA INDRIAYANI, NIM. 14430020  (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU PROSOSIAL KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI RA ALHUSNA PAKUALAMAN YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34688/1/14430020_BAB%20I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34688/2/14430020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf