eprintid: 34699 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/03/46/99 datestamp: 2019-04-18 08:30:04 lastmod: 2019-04-18 08:30:04 status_changed: 2019-04-18 08:30:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RISKA UMRI SAPUTRI, NIM. 14430026 title: UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DI TK ABA KARANGWARU YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Upaya Guru, Keterampilan Berbicara note: Dr. Suyadi, S.Ag., M.A. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah anak- anak kelompok A TK ABA Karangwaru Yogyakarta masih ada yang mengalami kesulitan untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya, anak masih kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari guru atau menjawab pertanyaan dengan jawaban-jawaban yang tidak tepat dan anak belum dapat menceritakan pengalamannya karena kemampuan berbicara anak yang masih kurang lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelompok A TK ABA Karangwaru dengan menggunakan beberapa metode yang dimasukkan didalam kegiatan yaitu metode bernyanyi, metode becerita, metode berdialog atau tanya jawab, dan metode bermain peran dan mengetahui perkembangan berbicara peserta didik kelompok A TK ABA Karangwaru dengan menggunakan beberapa metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar tempat TK ABA Karangwaru. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan individu-individu yang terlibat dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik TK ABA Karangwaru. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelompok A TK ABA Karangwaru dengan menggunakan beberapa metode yang digunakan guru untuk meningkatkan keterampilan berbicara yang dimasukkan didalam kegiatan yaitu kegiatan spontan, kegiatan terprogram dan kegiatan rutin. Di dalam kegiatan spontan guru dapat menerapkan metode berdialog atau tanya jawab saat bermain bebas. Kedua kegiatan terprogam guru dapat menggunakan metode bercerita, bermain peran dan saat kegiatan upacara. Ketiga kegiatan rutin dimana guru dapat menerapkan metode bernyanyi, diskusi dan kegiatan 5 S (Senyum Salam Sapa Sopan dan Santun). Dari beberapa metode tersebut guru dapat mengetahui perkembangan berbicara peserta didik kelompok A TK ABA Karangwaru. date: 2018-08-15 date_type: published pages: 144 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RISKA UMRI SAPUTRI, NIM. 14430026 (2018) UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DI TK ABA KARANGWARU YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34699/1/14430026_BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34699/2/14430026_BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf