%A NIM. 14430038 MIFTAHUR ROHMAH %O Rohinah, S.Pd.I.,MA. %T IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PROSES PEMBELAJARAN KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh media yang digunakan dalam proses pembelajaran yang mengacu pada aspek perkembangan anak. Pemilihan media dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap proses belajar pada anak, bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar dapat dijadikan media untuk kelancaran proses pembelajaran untuk anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana proses penerapan media buku cerita bergambar pada proses pembelajaran kelompok B di TK Islam Plus Mutiara, 2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat proses penerapan media buku cerita bergambar. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan anak didik kelas B. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah proses penerapan media buku cerita bergambar. Analisis data yang sudah terkumpul dan tersusun secara sistematis kemudian ditarik kesimpulan dan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) implementasi media buku ceita bergambar pada proses pembelajaran kelompok B di TK Islam Plus Mutiara terdapat pada kegiatan materi pagi dengan menggunakan buku cerita bergambar dengan tema akhlaq, sopan santun dan perilaku yang baik yang berkaitan dengan keagamaan dan religius, kegiatan inti menggunakan buku cerita bergambar yang sesuai dengan tema di hari itu misalnya tentang Air, Udara dan Api, sedangkan pada kegiatan main yang tercantum dalam RKH tema yang digunakan tidak harus sesuai dengan tema dihari itu boleh menggunakan buku cerita bergambar dengan tema lain. (2) faktor pendukung implementasi media buku cerita bergambar pada proses pembelajaran kelompok B di TK Islam Plus Mutiara antara lain: peran guru, adanya perpustakaan, mood anak, Reward, keluarga, Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan proses pembelajaran dengan media buku cerita bergambar yaitu: Tampilan buku, perhatian anak, teknik bercerita. %K Media Buku Cerita Bergambar, Proses Pembelajaran, TK Islam Plus Mutiara %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib34703