%0 Thesis %9 Skripsi %A NOVI FATKHIYATUL MUYASSAROH, NIM. 14430040 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:34705 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Sentra Balok, Perilaku Sosial %P 132 %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA BALOK DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL DI KELOMPOK B2 TK AISYIYAH PULOSARI 01 TAHUN AJARAN 2017/2018 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34705/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui lebih dalam pelaksanaan pembelajaran sentra balok yang diselenggarakan oleh TK Aisyiyah Pulosari 01, 2) Mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran sentra balok dalam mengembangkan perilaku sosial di kelompok B2 TK Aisyiyah Pulosari 01. 3) Mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran sentra balok di kelompok B2. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak. Objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran sentra balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran sentra balok melalui 4 pijakan bermain yaitu: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main. Kegiatan pijakan lingkungan main meliputi Penataan lingkungan main. Kegiatan pijakan sebelum main meliputi; Penyambutan anak, hafalan, berdoa, bernyanyi, diskusi tema, penjelasan jenis kegiatan dan aturan bermaian. Pelaksanaan pijakan saat main meliputi; anak bebas membangun balok sesuai dengan tema, guru memberikan bantuan dan motivasi kepada anak, guru melakukan penilaian. Kegiatan pijakan setelah main antara lain; membereskan mainan, duduk melingkar, hafalan, bernyanyi, evaluasi dan doa. Indikator perilaku sosial anak yang nampak saat pembelajaran sentra balok yaitu anak mampu menceritakan pengalamannya, Anak mampu bekerja sama dengan temannya, Anak mampu memiliki sifat jujur, Anak dapat merapikan mainan yang telah selesai digunakan, Anak mampu menyelesaikan tugas dan menaati peraturan main. 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran adalah guru yang berkompeten, keaktifan anak dalam pembelajaran, sarana prasarana, dukungan dari orang tua wali. Faktor penghambat adalah faktor keluarga dan kehadiran guru. %Z Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd.,