%0 Thesis
%9 Skripsi
%A RATIH CAHYANI, NIM. 14430080
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2018
%F digilib:34733
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K kodrat hidup, pendidikan anak dan bermain.
%P 122
%T KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34733/
%X Penelitian ini dilatarbelakangi atas kegelisahan peneliti bahwa pendidikan  anak usia dini di Indonesia belum tergarap dengan baik. Selain itu, pendidikan  anak usia dini mengemban amanat yang berat dari mulai mendidik,  mencerdaskan dan mengembangkan potensi anak-anak sebagai generasi penerus  bangsa. Untuk itu, pendidikan prasekolah atau pendidikan anak usia dini jangan  dianggap hanya sebagai pelengkap. Tetapi kedudukannya sama penting dengan  pendidikan formal pada umumnya supaya anak–anak dapat memperoleh  pendidikan sejak dini yang sesuai dengan kebudayaan bangsanya sendiri. Hal itu  diupayakan agar anak bisa merdeka dan berkembang sesuai budaya bangsa  Indonesia. Sehingga menurut hemat penulis perlu dilakukan pengkajian mengenai  pendidikan anak usia dini dari sudut pandang tokoh pendidikan. Dengan  demikian, hasil dari penelitian dapat turut serta memecahkan solusi dalam  pendidikan anak usia dini.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pokok-pokok  pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini  adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun jenis penelitian yang  digunakan adalah kajian pemikiran tokoh yang berdasarkan dari buku-buku  tulisan Ki Hadjar Dewantara sebagai sumber primer. Metode yang digunakan  untuk menganalisis data adalah metode analisis–deskriptif.  Hasil dari penelitian menunjukkan: Dalam beberapa buku yang ditulis oleh  Ki Hadjar Dewantara, terdapat tiga konsep, yaitu: (1) Pendidikan yang diberikan  kepada anak sejak lahir sampai usia tujuh tahun; (2) Mendidik anak dengan cara  yang sesuai dengan tabiatnya umur kanak-kanak; (3) Pendidikan kanak-kanak  yang menekankan pada kebudayaan bangsanya sendiri, dengan memasukkan  permainan kanak-kanak yang menggabungkan pelajaran-pelajaran lagu, sastera  dan cerita.
%Z Dr. Suyadi, S.Ag, M.A.