%A NIM. 14430080 RATIH CAHYANI
%O Dr. Suyadi, S.Ag, M.A.
%T KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA
%X Penelitian ini dilatarbelakangi atas kegelisahan peneliti bahwa pendidikan
anak usia dini di Indonesia belum tergarap dengan baik. Selain itu, pendidikan
anak usia dini mengemban amanat yang berat dari mulai mendidik,
mencerdaskan dan mengembangkan potensi anak-anak sebagai generasi penerus
bangsa. Untuk itu, pendidikan prasekolah atau pendidikan anak usia dini jangan
dianggap hanya sebagai pelengkap. Tetapi kedudukannya sama penting dengan
pendidikan formal pada umumnya supaya anak–anak dapat memperoleh
pendidikan sejak dini yang sesuai dengan kebudayaan bangsanya sendiri. Hal itu
diupayakan agar anak bisa merdeka dan berkembang sesuai budaya bangsa
Indonesia. Sehingga menurut hemat penulis perlu dilakukan pengkajian mengenai
pendidikan anak usia dini dari sudut pandang tokoh pendidikan. Dengan
demikian, hasil dari penelitian dapat turut serta memecahkan solusi dalam
pendidikan anak usia dini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pokok-pokok
pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini
adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun jenis penelitian yang
digunakan adalah kajian pemikiran tokoh yang berdasarkan dari buku-buku
tulisan Ki Hadjar Dewantara sebagai sumber primer. Metode yang digunakan
untuk menganalisis data adalah metode analisis–deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukkan: Dalam beberapa buku yang ditulis oleh
Ki Hadjar Dewantara, terdapat tiga konsep, yaitu: (1) Pendidikan yang diberikan
kepada anak sejak lahir sampai usia tujuh tahun; (2) Mendidik anak dengan cara
yang sesuai dengan tabiatnya umur kanak-kanak; (3) Pendidikan kanak-kanak
yang menekankan pada kebudayaan bangsanya sendiri, dengan memasukkan
permainan kanak-kanak yang menggabungkan pelajaran-pelajaran lagu, sastera
dan cerita.
%K kodrat hidup, pendidikan anak dan bermain.
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib34733