%0 Thesis %9 Skripsi %A GUSTI MAYA VIRANTI NUR HAYAH, NIM. 14490020 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:34793 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Implementasi, Pendidikan Karakter, Budaya Madrasah %P 215 %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA MADRASAH (STUDI KASUS DI MAN 3 YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34793/ %X Perkembangan zaman yang terus berubah sekolah dihadapkan pada sejumlah persoalan salah satunya fenomena tentang kondisi moral/akhlak generasi muda yang rusak, situasi sosial, kultural masyarakat kita akhir-akhir ini memang semakin mengkhawatirkan. Hancurnya nilai-nilai moral, merebaknya ketidakadilan, tipisnya rasa solidaritas telah terjadi dalam lembaga pendidikan kita. Oleh sebab itu, dalam suatu sekolah dibutuhkan budaya yang dapat membentuk karakter siswa yang baik. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Sedangkan rumusan masalahnya yaitu: (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui budaya madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Yogyakarta? (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Yogyakarta? (3) Bagaimana hasil implementasi pendidikan karakter melalui budaya madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Yogyakarta? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan (verifikasi), pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru Akidah Akhlak, guru Pendidikan Kewarganegaraan dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter di MAN 3 Yogyakarta telah terlaksana dengan baik sejak berdirinya MAN 3 Yogyakarta, yang kemudian di tindak lanjut dari implementasi pendidikan karakter di MAN 3 Yogyakarta tersebut adalah dengan cara terus mengembangkan pendidikan karakter di madrasah terutama dalam kedisiplinan, kejujuran, kerja keras, peduli sosial, dan semangat kebangsaan yang didukung oleh nilainilai karakter lain, (2) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter melalui budaya madrasah yaitu pihak wali murid yang mempercayakan pendidikan anaknya kepada MAN 3 Yogyakarta, madrasah mendidik siswa untuk membiasakan menanamkan nilai karakter. Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui budaya madrasah yaitu latar belakang siswa yang berbeda, kurang adanya tindak lanjut dari wali murid terhadap pembiasaan nilai karakter, guru dan madrasah, serta tantangan dari luar berupa perkembangan teknologi dan dampak globalisasi, (3) Hasil implementasi telah berhasil, dilihat dari kenyataan yang ada MAN 3 Yogyakarta telah mampu menyeimbangkan antara proses dan hasil sehingga memiliki daya tarik tersendiri ditengah-tengah masyarakat. %Z Dra Nurrohmah, M.Ag,