TY - THES N1 - Dra.Nurrohmah, M.Ag, ID - digilib34794 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34794/ A1 - NIKMATUL FITRIYAH, NIM. 14490021 Y1 - 2018/10/11/ N2 - Perpustakaan sebagai pusat informasi yang menyediakan berbagai koleksi bahan-bahan pustaka dan berbagai macam layanan dan fasilitas yang disediakan untuk pengunjung. Perlunya manajemen sarana prasarana di perpustakaan untuk mengetahui perencanaan, pengadaan, pengaturan (Inventarisasi, Perawatan, penyimpanan) dan penghapusan sarana prasarana di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY. Dengan adanya sarana prasarana dan berbagai macam layanan dan fasilitas yang lengkap dan memadai dibutuhkan tenaga ahli di bidang pelayanan untuk dapat meningkatkan kualitas layanan terhadap pengunjung. Dengan demikian, penelitian ini hadir untuk mengetahui manajemen sarana prasarana untuk meningkatkan kualitas layanan pengunjung di Perpustakaan terbesar di Yogyakarta yaitu di Balai Layanan Perpustakaan BPAD Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Perpustakaan Daerah yaitu perpustakaan Balai Layanan perpustakaan BPAD Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara transcribing data hasil wawancara, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber data serta dikombinasikan dengan teori yang ada. Informan penelitian yaitu ketua Tata Usaha Balai Layanan, Pustakawan, Tenaga Layanan (Outsearching) dan pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Sarana Prasarana di Perpustakaan BPAD Yogyakarta adalah: (a) Perencanaan yang meliputi target dari Balai Layanan Perpustakaan yang ingin dicapai, (b) Pengadaan berupa penyusunan suatu anggaran untuk pengadaan sesuai target tahunan sesuai kebutuhkan Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY, langkah selanjutnya adanya proses perawatan (c) Pengaturan Balai Layanan Perpustakaan meliputi inventaris yaitu pencatatan barang-barang yang masuk kemudian diarsipkan ke asset daerah), perawatan yaitu dengan menjaga dan merawat barang setiap 3 bulan sekali dan penyimpanan barang-barang gudang sebagai tempat penyimpanan barang. (d) Langkah selajutnya penggunaan yaitu untuk memanfaatkan segala layanan dan fasilitas segala bentuk kelengkapan di balai layanan perpustakaan. (e) Langkah selanjunya adanya pengahpusan barang yang sudah tidak terpakai lagi dengan melaporkan ke DPKA (Dinas Pendapatan Keuangan Daerah). (2) Pelayanan yang diberikan kepada Pengunjung adalah dengan menerapakan standarisasi pelayanan prima yaitu 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun), (3) Upaya pegawai dalam meningkatkan pelayanan pada pengunjung meliputi rencana lembaga dan rencana pegawai yaitu dengan melihat target dan anggaran pada setiap tahun yang telah di rencanakan yang telah di rapatkan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Perpustakaan KW - Manajemen Sarana Prasarana dan Kualitas Layanan M1 - skripsi TI - MANAJEMEN SARANA PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENGUNJUNG DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (BPAD) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 162 ER -