%A NIM. 15730109 NA’IM FAUZAN %O Drs.H. Bono Setyo, M.Si %T PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENELOLA KEGIATAN MEDIA RELATIONS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI HOTEL ROYAL AMBARRUKMO YOGYAKARTA %X Royal Ambarrukmo merupakan hotel cagar budaya yang mempunyai banyak penghargaan bergengsi baik nasional mapun internasional. Hal ini yang menjadi faktor Royal Ambarrukmo mendapatkan penilaian yang baik oleh publik. Walaupun terjadi perpindahan manajemen bahkan sempat vakum, sehingga harus melakukan rebranding pada tahun 2016, ,namun tetap membuat hotel ini survive dan mampu bangkit serta sukses melakukan revitalisasi. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui dan menggambarkan peran yang dijalankan oleh public relations dalam aktivitas media relations sehingga dapat mempertahankan citra positif Royal Ambarrukmo. Peneliti menggunakan teori dari Dozier dan Broom dalam (Ruslan, 2012: 20-21) mengenai peran public relations dan kegiatan media relations yang dicetuskan oleh (Dasrun Hidayat, 2014:79-87). Deskriptif kualitatif dengan teknik sampling merupakan metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini, public relations Royal Ambarrukmo mampu mengakomodasi serta mengontrol aktivitas media relations dengan Tribun Jogja, Oxygen Tv serta media-media lainnya baik sebagai penasihat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator proses pemecahan masalah dan teknisi komunikasi %K Peran public relations dan media relations %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib34852