%A NIM. 15730133 ISTIQOMAH %O Bono Setyo, M.Si %T PENGGUNAAN MARKETING COMMUNICATIONS PADA LAYANAN OJEK ONLINE DIFABEL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA DIFA CITY TOUR AND TRANSPORT YOGYAKARTA) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi integrated marketing communications pada ojek Dfa City Tour and Tranport Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. narasumber dalam penelitian ini adalah founder, tim manajemen dan driver dari ojek Difa City Tour and Transport. Dalam meneliti penggunaan marketing communications yang berupa periklanan (advertising) dimana fungsi dan peran iklan dalam memperkenalkan ojek difabel kepada masyarakat, Penjualan personal (personal selling) dimana penjual dan pembeli disini berarti driver dan calon pelanggan bertemu secara langsung, Humas dan MPR dimana fungsi dan peran humas atau MPR dalam membangun hubungan yang baik dengan khalayak dan juga melakukan publisitas, pemasaran langsung (direct marketing) dimana penjual jasa dan calon pengguna jasa dapat berkomunikasi langsung baik dengan media atau tidak, promosi penjualan dimana sebuah usaha untuk meningkatkan penjualan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ojek Difa City Tour and Transport menggunakan marketing communications yang secara keseluruhan telah diterapkan dengan memanfaatkan semua fungsi pemasaran diseluruh lini dalam tim ojek Difa City Tour and Transport. Uji validitas data dengan menguji praktek yang diterapkan pada Ojek Difa City Tour and Transport Yogyakarta pada praktisi marcomm dari Syafa’at Marcomm Yogyakarta dan ditemukan bahwa penerapan pada ojek difabel terdapat beberapa fungsi yang belum terpenuhi disebabkan karena ojek difabel berada pada bisnis sosial (socialpreneur) yang mana fokus bisnis memang tidak pada profit tapi misi kemanusiaan %K difabel, marketing communications, ojek Difa City Tour and Transport %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib34855