eprintid: 34882 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/48/82 datestamp: 2019-04-30 03:07:27 lastmod: 2019-04-30 03:07:27 status_changed: 2019-04-30 03:07:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI NURUN NA’IMAH, NIM. 1620410012 title: PROGRAM PSIKOEDUKASI DALAM MENANGANI PENGENDALIAN EMOSI SISWA DI SD 1 CEPOKOJAJAR ispublished: pub subjects: eko_sya divisions: bis_syar full_text_status: restricted keywords: pengendalian emosi, psikoedukasi, SD 1 Cepokojajar note: Dr. Eva Latipah, M.Si abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai perilaku siswa yang berkaitan dengan pengendalian emosi siswa yang terjadi di SD 1 Cepokojajar pada kurun waktu bulan Juli 2017 hingga bulan Februari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku yang berkaitan dengan permasalahan pengendalian emosi siswa, strategi, cara dan upaya yang dilakukan secara kolaborasi antara guru PAI dan guru kelas di SD 1 Cepokojajar dalam menyelesaikan permasalahan, mencegah timbulnya permasalahan, mencegah terulangnya kembali permasalahan yang ada dan menjaga kondisi siswa yang berkaitan dengan permasalahan pengendalian emosi siswa. Peneliti mencoba melihat penggunaan pendekatan psikoedukasi dalam menangani permasalahan pengendalian emosi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa di SD 1 Cepokojajar dengan melihat fakta yang berjalan secara alami dan langsung apa adanya tanpa perlakuan khusus. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 13 item perilaku yang muncul berkaitan dengan penanganan permasalahan pengendalian emosi siswa, terdapat empat perilaku yang paling sering muncul. Keempat perilaku ini adalah : berbicara tidak sopan, marah, berkelahi dan mengekspresikan kemarahan secara verbal. Pendekatan psikoedukasi yang sudah diterapkan oleh guru PAI dan guru kelas di SD 1 Cepokojajar mencakup layanan bimbingan, konseling, training dan konsultasi agar mampu meningkatkan kompetensi psikososial dalam mencegah, mengatasi, dan memberi perhatian dalam proses pemulihan. Pendekatan psikoedukasi yang sudah dilaksanakan di SD 1 Cepokojajar berupa bimbingan secara personal, kelompok, klasikal dan menyeluruh pada seluruh siswa; pemberian sanksi; pembinaan bersama orang tua dan penandatanganan surat pernyataan. Hasil akhir dari program psikoedukasi adalah adanya beberapa perubahan perilaku siswa yang berkaitan dengan pengendalian emosi. date: 2019-02-14 date_type: published pages: 214 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SITI NURUN NA’IMAH, NIM. 1620410012 (2019) PROGRAM PSIKOEDUKASI DALAM MENANGANI PENGENDALIAN EMOSI SISWA DI SD 1 CEPOKOJAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34882/1/1620410012_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34882/2/1620410012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf