relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34907/
title: MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN SMK PENABUR PURWOREJO
creator: DAIMURAHMAN, NIM. 1620410018
subject: Ekonomi Syariah
description: Daimurahman. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga  Pendidikan Kristen SMK Penabur Purworejo. Tesis. Yogyakarta: Magister Pendidikan Islam  Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan  Kalijaga Yogyakarta, 2018.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana model  pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan Kristen SMK Penabur  Purworejo dan apa faktor pendukung serta penghambat pembelajaran Pendidikan Agama  Islam di lembaga pendidikan kristen SMK Penabur Purworejo.  Jenis penelitian adalah kualitatif dengan sumber data narasumber dan dokumentasi.  Sumber data dipilih secara purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu. Teknik  pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data  dengan penelitian secara deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi  data. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan,  trianggulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif, dan member check.  Penelitian ini menggunakan pendekatan interaksi edukatif, yaitu proses hubungan timbal  balik (feed-back) yang sifatnya komunikatif antara guru dengan peserta didik yang dilakukan  dengan sengaja dan direncanakan untuk mencapai tujuan pendidikan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Pendidikan Agama Islam  di SMK Penabur Purworejo dilaksanakan dengan model Contekstual Teaching and Learning,  yaitu mengaitkan mata pelajaran dengan lingkungan sekitar. Dalam pelaksanaan  pembelajaran diselingi dengan cerita nabi-nabi dan menulis kaligrafi yang merupakan  kombinasi dari komponen modelling. Guru mengawali pelajaran dengan salam, membaca  syahadat, membaca doa, menghafalkan asmaul husna serta menghafalkan surat-surat pendek.  Faktor pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Penabur Purworejo yaitu:  pertama, adanya kurikulum 2013 yang menekankan peserta didik untuk aktif dan kreatif serta  berahlak mulia. Kedua, terdapat kegiatan pengajian PHBI, yaitu peringatan idul adha,  peringatan isro’ mi’roj dan kegiatan pesantren ramadhan. Ketiga, mayoritas peserta didik di  sekolah tersebut beragama Islam sehingga dapat memperkuat ukhuwah Islamiah dan saling  membantu antar umat Islam. Hambatan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam  di SMK Penabur yaitu: pertama, kurangnya ruang dan fasilitas pembelajaran PAI sehingga  menghambat proses pembelajaran. Kedua, Lingkungan sekolah dan mayoritas Pendidik  beragama non Islam. Ketiga, kurangnya dukungan dari keluarga dan masyarakat dalam  pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sebagian besar peserta didik berasal dari keluarga  yang kurang taat beragama
date: 2018-11-26
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34907/1/1620410018_BAB-I_VI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34907/2/1620410018_BAB-II_SAMPAI_BAB%20V.pdf
identifier:   DAIMURAHMAN, NIM. 1620410018  (2018) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN SMK PENABUR PURWOREJO.  Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.