@mastersthesis{digilib34908,
           month = {December},
           title = {MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN KETERAMPILAN VOKASI

(STUDI KASUS PROGRAM UNGGULAN MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA)},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 1620410027 UMI MUSLIMAH},
            year = {2018},
            note = {Dr. Sukiman, M.Pd.,},
        keywords = {Manajemen, Kurikulum, Keterampilan dan Vokasi},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34908/},
        abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat
Sabdodadi yang mayoritas bekerja di sektor industri dan keterampilan. Hal
tersebut membuat masyarakat lebih menginginkan anaknya sekolah di
kejurusan (SMK/MAK). Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui
implementasi manajemen pengembangan kurikulum MAN 2 Bantul
sebagai madrasah berbasis keterampilan vokasi serta 2) mengetahui
problematika dalam manajemen pengembangan keterampilan vokasi di
MAN 2 Bantul.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field
research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan
observasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah adalah metode
deskriptif-analitik kualitatif yaitu mendeskripsikan dan menganalisa, serta
model analisis Milles dan Hubbermen yang meliputi reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen
Pengembangan Kurikulum Program Unggulan Keterampilan Vokasi di
MAN 2 Bantul merencanakan program yang berasal dari visi, misi dan
tujuan madrasah. Pengorganisasian kurikulum menggunakan kurikulum
terpadu (Integrated Curriculum). Sedangkan Implementasi pengembangan
kurikulum menggunakan model pengembangan oliva. Dan model evaluasi
kurikulum menggunakan Educational System Evaluation. Problematika
pengembangan kurikulum ada tiga macam yaitu problem kompetensi,
problem di dalam madrasah maupun problem hubungan dengan}
}