%0 Thesis
%9 Masters
%A UMI MUSLIMAH, NIM. 1620410027
%B FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM
%D 2018
%F digilib:34908
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Manajemen, Kurikulum, Keterampilan dan Vokasi
%P 341
%T MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN KETERAMPILAN VOKASI    (STUDI KASUS PROGRAM UNGGULAN MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA)
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34908/
%X Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat  Sabdodadi yang mayoritas bekerja di sektor industri dan keterampilan. Hal  tersebut membuat masyarakat lebih menginginkan anaknya sekolah di  kejurusan (SMK/MAK). Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui  implementasi manajemen pengembangan kurikulum MAN 2 Bantul  sebagai madrasah berbasis keterampilan vokasi serta 2) mengetahui  problematika dalam manajemen pengembangan keterampilan vokasi di  MAN 2 Bantul.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field  research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada  penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan  observasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah adalah metode  deskriptif-analitik kualitatif yaitu mendeskripsikan dan menganalisa, serta  model analisis Milles dan Hubbermen yang meliputi reduksi data,  penyajian data dan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen  Pengembangan Kurikulum Program Unggulan Keterampilan Vokasi di  MAN 2 Bantul merencanakan program yang berasal dari visi, misi dan  tujuan madrasah. Pengorganisasian kurikulum menggunakan kurikulum  terpadu (Integrated Curriculum). Sedangkan Implementasi pengembangan  kurikulum menggunakan model pengembangan oliva. Dan model evaluasi  kurikulum menggunakan Educational System Evaluation. Problematika  pengembangan kurikulum ada tiga macam yaitu problem kompetensi,  problem di dalam madrasah maupun problem hubungan dengan
%Z Dr. Sukiman, M.Pd.,