@mastersthesis{digilib34920, month = {January}, title = {DINAMIKA PESANTREN DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI DI PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER (ISC) ASWAJA LINTANG SONGO BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1620411021 NOORRELA ARIYUNITA}, year = {2019}, note = {Dr. Muqowim, S.Ag., M.Ag.s.,}, keywords = {Dinamika, Pendidikan Kewirausahaan, Pesantren}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34920/}, abstract = {Kewirausahaan merupakan salah satu aspek yang disoroti sebagai salah satu upaya menciptakan kekuatan ekonomi Indonesia. Pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal yang tersebar diseluruh daerah di Indonesia mulai mengikuti jejak pendidikan formal untuk mensukseskan harapan nasional tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara, serta observasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Adapun pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan dinamika pesantren terbagi menjadi empat aspek. Pertama adalah dinamika kelembagaan pesantren, pengembangan visi dan misi pesantren sebagai acuan untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan utama Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo adalah untuk mencetak agen of change dengan menggunakan pendekatan personal. Kedua adalah dinamika literatur pendidikan. Pembaharuan yang dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan kewirausahaan berdasarkan kisah nabi dan sahabat-sahabat nabi serta muslim-muslim yang berhasil dalam bidang kewirausahaan. Ketiga adalah dinamika viii metode pendidikan. Metode yang digunakan dalam madrasah diniyah adalah metode klasikal dan penjenjangan. Kemudian diperbarui dengan memberikan praktek langsung di lapangan dan pendelegasian kepada santri. Keempat adalah dinamika manajemen pendidikan, yaitu dengan reformualasi kurikulum pendidikan yang berdasar pada welfare (kesejahteraan), education (pendidikan) dan healthcare (kesehatan).} }