eprintid: 34923 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/49/23 datestamp: 2019-05-06 05:53:30 lastmod: 2019-05-06 05:53:30 status_changed: 2019-05-06 05:53:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sandra Gumilar, NIM. 13420065 title: Tatbiq Tariqah SQ4R Litanmiyah Maharat Qira'at Al Nas Al 'Arabiy Liday Al Talabat Fi Al Saf Al 'Asir Al Diniy Bi Al Madrasat 'Aliyat Al Hukumiyyah 3 Bantul Li Sanat Al Dirasiyah 2017/2108 ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode, SQ4R, Kemahiran Membaca. note: Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd., M.Si. abstract: Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kreativitas guru bahasa Arab dalam proses mengajar yang menjadikan suasana kelas menjadi monoton dan membosankan. SQ4R sebagai metode alternatif dalam pengajaran Bahasa Arab, khususnya dalam kemampuan memahami isi bacaan, dapat diterapkan sebagai upaya meningkatkan kemahiran membaca siswa dan sebagai upaya pengkondisian kelas yang lebih aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dalam penguasaan kemahiran membaca bahasa Arab antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran SQ4R dalam proses pembelajarannya dengan siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran SQ4R. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah true eksperimental design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini adalah protest dan post test. Sampel yang digunakan adalah kelas X agama 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X agama 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test dengan bantuan SPSS 16 dalam menghitungnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 66,312 sedangkan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 90,125 . Sedangkan Uji “t” nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar kemahiran membaca antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkannya metode sq4r, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dari hasil analisis semua data, menunjukkan bahwa metode sq4r dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar dalam kemahiran m mbaca peserta didik kelas 10 agama MAN 3 Bantul Yogyakarta TA. 2018/2019. Kata Kunci : Metode, SQ4R, Kemahiran Membaca. date: 2019-02-21 date_type: published pages: 107 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sandra Gumilar, NIM. 13420065 (2019) Tatbiq Tariqah SQ4R Litanmiyah Maharat Qira'at Al Nas Al 'Arabiy Liday Al Talabat Fi Al Saf Al 'Asir Al Diniy Bi Al Madrasat 'Aliyat Al Hukumiyyah 3 Bantul Li Sanat Al Dirasiyah 2017/2108. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34923/1/13420065_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34923/2/13420065_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf