relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34924/ title: Perbandingan Efektivitas Metode Pengajaran Yang Berpusat Pada Guru Dan Yang Berpusat Pada Peserta Didik Dalam Pembelajaran Nahwu Di Madrasah Salafiyah III Al Munawwir Krapyak Yogyakarta creator: Axelda Martha, NIM. 14420032 subject: Metode Pembelajaran description: Axelda Martha. 14420032. Perbandingan Efektivitas Metode Pengajaran yang Berpusat pada Guru dan yang Berpusat pada Peserta Didik dalam Pembelajaran Nahwu di Madrasah Salafiyah III Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kriteria efektivitas metode pengajaran yang berpusat pada guru, (2) mengetahui kriteria efektivitas metode pengajaran yang berpusat pada peserta didik, (3) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara efektivitas metode pengajaran yang berpusat pada guru dan yang berpusat pada peserta didik dan (4) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas metode pengajaran dalam pembelajaran Nahwu di Madrasah Salafiyah III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis studi perbandingan (comparative study). Objek formal dalam penelitian ini adalah metode pengajaran yang berpusat pada guru dan yang berpusat pada peserta didik dalam pembelajaran Nahwu, sedangkan objek materialnya adalah pembelajaran Nahwu di Madrasah Salafiyah III. Dalam rangka mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dengan SPSS for Windows versi 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Metode pengajaran yang berpusat pada guru memenuhi kriteria cukup efektif dengan rata-rata perolehan nilai peserta didik sebesar 61,75. (2) Metode pengajaran yang berpusat pada peserta didik memenuhi kriteria efektif dengan rata-rata perolehan nilai peserta didik sebesar 75,75. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara efektivitas metode pengajaran yang berpusat pada guru dan yang berpusat pada peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil t test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,035, dimana nilai 0,035 < 0,05. (4) Masing-masing metode pengajaran memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Contohnya metode pengajaran yang berpusat pada guru memungkinkan guru dapat menyampaikan banyak materi, namun membosankan bila terlalu lama digunakan. Begitu pula metode pengajaran yang berpusat pada peserta didik, kelebihannya adalah metode ini menyertakan peserta didik dalam proses pembelajaran, namun membutuhkan waktu lebih banyak. Kata Kunci: Perbandingan, Efektivitas, Metode Pengajaran, Pembelajaran, Nahwu date: 2019-01-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34924/1/14420032_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34924/2/14420032_BAB%20II_S.D._SEBELUM%20TERAKHIR.pdf identifier: Axelda Martha, NIM. 14420032 (2019) Perbandingan Efektivitas Metode Pengajaran Yang Berpusat Pada Guru Dan Yang Berpusat Pada Peserta Didik Dalam Pembelajaran Nahwu Di Madrasah Salafiyah III Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.